Advertorial

Daerah

Irwan Basir Lantik Bustami Munyar Sebagai Ketua DPC LPM Kecamatan Lubuk Kilangan

          Irwan Basir Lantik Bustami Munyar Sebagai Ketua DPC LPM Kecamatan Lubuk Kilangan
Irwan Basir Lantik Bustami Munyar Sebagai Ketua DPC LPM Kecamatan Lubuk Kilangan
BENTENGSUMBAR.COM - Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) berada di semua tingkatan, mulai dari tingkat pusat, propinsi, kota, kecamatan dan kelurahan. LPM mempunyai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang menjadi pedoman dalam menjalankan organisasi LPM itu sendiri. 

AD/ART itu merupakan intuisi pemikiran yang harus dilaksanakan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya ditengah-tengah masyarakat.

"Organisasi LPM itu mempunyai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga yang menjadi pedoman pengurus dalam menjalankan organisasi. AD/ART merupakan intuisi pemikiran yang akan ditindaklanjuti oleh pengurus LPM dalam tugas dan fungsinya ditengah-tengah masyarakat," ujar Irwan  Basir.

Keberadaan LPM yang berada di semua tingkatan bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mensukseskan program pembangunan untuk kepentingan masyarakat. 

Jadi pemerintah tak perlu alergi dengan lembaga ini. LPM tidak ada dianggarkan dalam Anggaran APBD Pemerintah Daerah.

Tapi LPM bisa bekerja memberdayakan masyarakat, memotivasi dan mampu menghidupkan sendi-sendi sosial kemasyarakatan dengan dasar ibadah dan amanah yang telah diberikan.

"Keberadaan LPM adalah untuk membantu pemerintah dalam mensukseskan program pembangunan di tengah-tengah masyarakat. Meski lembaga ini tidak dianggarkan oleh pemerintah daerah dalam APBD, namun LPM mampu memberdayakan masyarakat, memotivasi dan  menghidupkan sendi-sendi sosial kemasyarakatan dengan kuncinya ibadah dan amanah yang diemban," ungkap Irwan Basir

"Jadi pemerintah tidak perlu alergi dengan LPM. Meski tanpa anggaran pengurus LPM akan tetap membantu dan mensukseskan program kemasyarakatan yang dijalankan oleh pemerintah," sambung tokoh yang juga ketua Dekopinda Kota Padang ini.

Lebih lanjut Irwan Basir mengatakan, LPM bagi pemerintah adalah mitra dalam bekerja dan bukan bawahan. Untuk itu LPM harus bisa bersinergi dengan pemerintah dalam menjalankan fungsi sosial kemasyarakatan untuk mensukseskan program pembangunan di daerahnya.

Di samping itu pengurus LPM juga harus bisa berkoordinasi dengan seluruh lembaga yang ada ditingkat dimana LPM itu berada.

"Dalam kedudukannya, LPM bagi pemerintah adalah mitra dalam bekerja dan bukan bawahan. Sinergitas antara lembaga LPM dan pemerintah harus terjadi  dan seiring sejalan dalam  bekerja. Dalam menjalankan fungsi sosial kemasyarakatan, LPM harus sejalan dengan pemerintah untuk mensukseskan program pembangunan di daerahnya. Di samping itu pengurus LPM juga harus punya komunikasi yang baik dan selalu berkoordinasi dengan seluruh lembaga yang ada ditingkat dimana LPM itu berada," ucap Irwan Basir lagi.

Sementara itu, Camat Lubuk Kilangan Elfian Putra menyampaikan rasa terima kasih kepada Ketua DPD LPM Kota Padang Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM yang telah melantik dan mengukuhkan pengurus DPC LPM Kecamatan yang dipimpinnya. 

Dirinya  mengakui sangat merasa terbantu dengan lembaga LPM ini. Selama ini dimanapun dia bertugas sebagai Camat, selalu menjalin komunikasi yang baik dengan para pengurus LPM termasuk di Kecamatan Lubuk Kilangan.

" Atas nama pemerintahan Kecamatan Lubuk Kilangan, kami ucapkan terima kasih kepada Pak Datuk Irwan Basir yang telah melantik pengurus LPM Kecamatan Lubuk Kilangan. LPM bagi kami adalah mitra yang keberadaannya sangat kami rasakan dalam membantu pemerintah kecamatan. Selama ini kami selalu bekerjasama dan berhubungan baik dengan pengurus LPM. Mudah-mudahan kepengurusan yang baru ini semakin menambah erat hubungan kerja yang selama ini telah terbina dengan baiknya. Selamat bekerja dan atas nama pemerintahan kecamatan kami akan sangat terbuka dengan segala saran dan masukan yang diberikan oleh LPM dan lembaga lainnya yang ada di Kecamatan Lubuk Kilangan," ucap Camat Elfian.

Ketua DPC  LPM Bustami juga mengharapkan dukungan dari semua pihak agar dapat mengemban amanah yang diberikan.

"Tanpa dukungan dari seluruh  tokoh masyarakat dan stakeholder yang ada kami tentu tidak akan bisa bekerja secara maksimal. Untuk itu kami butuh dukungan dan kerjasama dari seluruh lembaga yang ada di Kecamatan Lubuk kilangan ini," ucap Bustami.

Hadir dalam kegiatan ini, muspika Kecamatan Lubuk Kilangan, diantaranya Danramil Lubuk Kilangan, Kapolsek Lubuk Kilangan, Lurah se-Kecamatan Lubuk Kilangan, Ketua LPM se-Kecamatan Lubuk Kilangan, ketua KAN Lubuk Kilangan, Ketua KNPI Lubuk Kilangan, Ketua Forum Nagari Lubuk Kilangan dan tokoh masyarakat lainnya. 

Laporan: Novrianto Ucoxs
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »