Advertorial

Daerah

Keuntungan Mendirikan Rumah Kos Di Dekat Kampus

          Keuntungan Mendirikan Rumah Kos Di Dekat Kampus
Keuntungan Mendirikan Rumah Kos Di Dekat Kampus
PADA masa sekarang ini bisnis kos sudah banyak ditemukan di Padang terutama disekitaran kampus kita bisa melihat jika disetiap kampus pasti banyak ditemukan kos disekitarannya, bisa dibilang bisnis kos cukup kompetitif, untuk itu setiap kos hendaknya harus menyediakan fasilitas fasilitas yang membuat para penghuninya betah dan nyaman.

Pemilik kos juga harus merespon cepat atas keluhan keluhan yang disampaikan agar para penghuni kos merasa betah .

Kos sangat familiar dengan mahasiswa hal itu dikarenakan kebanyakan  mahasiswa di Indonesia lebih cenderung melanjutkan pendidikan di kampus yang jauh dari tempat tinggalnya dengan alasan ingin mencari dan menambah pengalaman baru, mahasiswa tersebut biasanya menyewa kos  untuk tempat tinggal sementaranya. 

Kunci utama dari sebuah kost adalah lokasinya, tidak mungkin kost didirikan jauh dari pusat kegiatan masyarakat dan juga sebuah kost itu harus dekat dengan target Pasarnya. 

Salah satu contohnya yaitu rumah kost Ranisa milik ibuk Emita Dahlia (57 tahun) yang terletak di Jalan Walet Kampung Tarusan Kelurahan Air Pacah. 

Kost Ranisa berdiri sejak tahun 2015, Emita Dahlia sebagai pemilik kos mengakui bahwa bisnis kos lebih menguntungkan dari pada bisnis lain

“Alasan saya memilih untuk memulai bisnis kos karena bisnis ini tidak terlalu mengorbankan banyak tenaga dan waktu sangat cocok bagi saya yang sering sibuk mengurus pekerjaan lain serta pendapatan yang dihasilkan lumayan besar sekitar 72 juta pertahun dengan pengeluaran yang minimal sebesar 3 juta pertahun.” 

Kost memiliki berbagai macam pasar bisnis seperti Kost wisata, kost kerja, kost industri, dan kost mahasiswa. 

Kos Ranisa termasuk kost mahasiswa karena letaknya yang dekat dengan kampus Bung Hatta dan juga target pasarnya merupakan mahasiswa atau anak kuliahan. 

“Rata rata orang yang menghuni kost Ranisa yaitu mahasiswa Bung Hatta (5 orang), Mahasiswa Baiturrahmah ( 1 orang), Bidan Rumah Sakit Siti Rahmah ( 1 orang),” ucap ibuk Emita Dahlia, pemilik rumah kost.

Dapat kita lihat bahwa setengah dari penghuni kost Ranisa adalah mahasiswa, hal itu tidak mengherankan karena jarak dari kos ke kampus hanya sekitaran 0,5 km dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki, selain menghemat biaya transportasi mahasiswa juga akan terhindar dari jebakan macet sehingga dapat sampai ke tempat tujuan secara tepat waktu.

Dalam mencari kos mahasiswa pasti mempertimbangkan beberapa kriteria seperti lingkungan yang aman dan nyaman sejalan dengan apa yang disampaikan oleh A. Edward Newton seorang Administrator kolonial dan Ornitologis asal Inggris "Jika dunia ini memberikan kebahagiaan sejati, itu dapat ditemukan di sebuah rumah di mana cinta dan kepercayaan diri meningkat dengan tahun-tahun, di mana kebutuhan hidup datang tanpa tekanan berat, di mana kemewahan masuk hanya setelah biaya mereka telah dipertimbangkan dengan cermat."

Hal lain yang paling penting untuk dipertimbangkan yaitu fasilitas kos annya, kos Ranisa ini memiliki 9 kamar yang difasilitasi dengan dapur dan kamar mandi disetiap kamar serta memiliki tempat parkir sendiri jadi penghuni kos bisa memasak sendiri dan lebih menghemat biaya untuk konsumsi serta dengan adanya kamar mandi disetiap kamar para penghuni kos tidak perlu harus antri lama untuk mengakses kamar mandi tersebut dan penghuni kos tidak perlu khawatir lagi dengan masalah kendaraan mereka karena kos ranisa memiliki lahan parkirnya sendiri.

Setelah diwawancarai ada beberapa alasan mahasiswa kost ranisa memilih untuk kos daripada kontrakan “ saya tidak memilih kontrakan karena rata rata penghuni kontrakan adalah orang yang berkeluarga atau sudah menikah. Sehingga saya akan merasa kesulitan berbaur dalam lingkungan tersebut dan akan lebih memilih untuk kos alasan yang kedua yaitu Tinggal di kos an jauh lebih menguntungkan karena uang sewa kos-kosan sudah mencakup sewa kamar dan fasilitas yang didapatkan seperti Wifi, biaya listrik dan air” Ucap Nisa salah satu penghuni kos ranisa

Dari beberapa penjelasan diatas dapat disimpulkan beberapa keuntungan mendirikan kos didekat kampus.

Pertama yaitu tidak pernah kehilangan konsumen. Karena setiap tahunnya semua perguruan tinggi pasti menerima mahasiswa baru begitu juga dengan kampus bung hatta dan kampus baiturrahmah sehingga meskipun banyak mahasiswa yang lulus dan sudah tidak menempati kamar pasti akan tergantikan dengan mahasiswa yang baru.

Kedua yaitu Letaknya strategis. Seperti rumah kos Ranisa yang terletak antara Kampus Bung Hatta, Baiturrahmah, Rumah Sakit Siti Rahmah, dan kantor walikota dapat dipastikan biaya sewa kos yang strategis lebih mahal karena jaraknya yang dekat dengan pusat aktivitas masyarakat.

Ketiga yaitu Peminatnya cukup banyak. Karena letaknya yang strategis kos ranisa selalu diminati orang yang membutuhkan kos, setiap tahun kamarnya tidak pernah kosong karena banyak mahasiswa yang membutuhkan kos.

Intinya jika ingin memulai bisnis kos hal pertama yang harus diperhatikan yaitu lokasinya, pastikan jika lokasi sesuai dengan target pasar yang kita tuju, yang kedua yaitu pelayanan dan service yang diberikan kepada penghuni sehingga menjadikan kos lebih menarik dan nyaman  dari pada kos pesaing. Jika kedua hal tersebut telah diterapkan pastinya bisnis kos yang dijalankan akan menghasilkan banyak keuntungan.

*Ditulis Oleh: KHAIRANI ANNISA, Mahasiswa  Manajemen Universitas Andalas.
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »