Advertorial

Daerah

KIB Menanti, Jokowi Gak Akan Panik Jika Ganjar Pranowo Tak Diusung Megawati: Mudah Dibaca...

          KIB Menanti, Jokowi Gak Akan Panik Jika Ganjar Pranowo Tak Diusung Megawati: Mudah Dibaca...
KIB Menanti, Jokowi Gak Akan Panik Jika Ganjar Pranowo Tak Diusung Megawati: Mudah Dibaca...
BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu menilai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dipersiapkan untuk mengusung Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

Hal tersebut menurutnya telah dipersiapkan Joko Widodo alias Jokowi jika Megawati Soekarnoputri menjatuhkan pengusungan kepada tokoh lain.

Dirinya mengatakan hal ini mudah dibaca mengingat bagaimana banyaknya dukungan yang didapatkan Gubernur Jawa Tengah itu dari KIB.

“Terlalu gampang dibaca bahwa KIB adalah kendaraan politik yang dibuat oleh Jokowi untuk pasangan Capres GP + ET,” ucapnya dalam keterangannya, Minggu, (30/10/2022).

Sebelumnya, Pengamat komunikasi politik, Hendri Satrio mengatakan, pembentukan KIB bisa jadi merupakan Koalisi Penyelamat Ganjar (KPG) yang sangat mungkin terbentuk atas arahan Istana.

Pasalnya, Jokowi selama ini dicitrakan mendukung Ganjar Pranowo sebagai penerusnya. Sementara, struktur PDIP lebih solid mendukung Puan Maharani.

Dengan kehadiran KIB yang terdiri dari tiga partai penurut tanpa tokoh sentral yang kuat menjadi penting.

Selanjutnya, citra, konstituen dan sejarah ketiga partai ini yang sulit untuk bersanding.

”PPP ‘bertempur’ puluhan tahun melawan Golkar, sementara PAN lahir dalam semangat Reformasi yang ingin membubarkan Golkar. Apakah ada arahan pembentukan?,” ujarnya, Kamis, (20/10/2022) lalu.

Berdasarkan hasil survei lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, yang dirilis pada Senin, (10/10/2022), disebut pasangan Ganjar-Airlangga bisa menang melalui koalisi resmi PDIP dan KIB.

Dua hal mengapa skenario Ganjar-Airlangga bagi PDIP lebih baik dari Prabowo-Puan. 

Pertama, elektabilitas Ganjar-Airlangga lebih tinggi dibandingkan dengan Prabowo-Puan.

Kedua, pada Ganjar-Airlangga, posisi Ganjar sebagai Capres PDIP, sedangkan Prabowo-Puan, posisi Puan hanya cawapres PDIP.

“Efek ke PDIP di legislatif lebih tinggi jika calon PDIP menjadi capres dibandingkan dengan cawapres,” bebernya Direktur KCI - LSI Denny JA, Adjie Alfaraby.

Jika Ganjar-Airlangga menang, skenario PDIP berpotensi mengangkat Puan menjadi jadi Ketua Umum PDIP dan Ketua DPR RI 2024-2029.

Sumber: Wartaekonomi
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »