Advertorial

Daerah

Lestarikan Adat dan Budaya, Bupati Safaruddin Buka Festival Lenggang Saribu Talam

          Lestarikan Adat dan Budaya, Bupati Safaruddin Buka Festival Lenggang Saribu Talam
Lestarikan Adat dan Budaya, Bupati Safaruddin Buka Festival Lenggang Saribu Talam
BENTENGSUMBAR.COM - Dalam Rangka mengangkat dan melestarikan adat dan budaya, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menbuka festival Lenggang Saribu Talam, Alek Nagari Sarilamak, pada Senin, (24/10/22), di Sarasah Tanggo, Nagari Sarilamak.

Dalam Sambutannya, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo memberikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan budaya serta prosesi adat nagari Sarilamak. 

"Kita sangat bangga. Ini selaras dengan visi misi daerah, yaitu mewujudkan Limapuluh Kota madani, beradat dan berbudaya dalam kerangka adat basandi sarak basandi kitabulllah", ucapnya.

Menurut Bupati Safaruddin, event seperti ini perlu dijadikan role model bagi nagari nagari di Limaluluh Kota dalam mengangkat dan mengenalkan budaya daerah kepada masyarakat luas serta para generasi muda. 

"Kami berharap kegiatan ini terus berlanjut dan menjadi agenda tahunan Kabupaten Limapuluh Kota kedepannya", ulas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olehraga Kabupaten Limapuluh Kota Desri saat diwawancarai mengatakan, festival budaya nagari yang bertema lenggang saribu talam ini diawali dengan prosesi arak-arakan dengan membawa seribu Talam (Dulang), kemudian dilanjutkan dengan memanjatkan do'a bersama di Kapalo Banda Sarasah Tanggo serta melakukan prosesi adat melewakan Gantang 40 Limbago Adat. 

”Ini merupakan kegiatan religius yang diselenggarakan dalam bentuk prosesi adat, tak lain adalah sebagai bentuk wujud rasa syukur atas karunia yang telah diberikan Allah SWT", pungkasnya.

Disisi lain Desri berharap, selain sebagai ajang promosi, event ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Kabupaten Limapuluh Kota khususnya objek Wisata Lembah Harau. 

"Selain wisata alam, objek wisata lembah Harau juga menawarkan sejumlah wisata Budaya yang tidak kalah menarik dan apik dari daerah lain",ulasnya.

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Deni Asra, Ketua TP PKK Kabupaten Limapuluh Kota Nevi Safaaruddin, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Desri, Kadis Kominfo Eki Hari Purnama, Kedis Sosial Armen, Camat Harau, Wali Nagari Sarilamak Oly Wijaya, Ketua KAN, Bamus, Niniak Mamak, Cadiak Pandai, Alim Ulama, Bundo Kanduang, serta Para undangan lainnya.  (Diki)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »