Advertorial

Daerah

Listrik di Pesantren Hemat dengan PLTS, Santri dan Ulama di Bulukumba Sulsel Beri Dukungan Ganjar Jadi Presiden 2024

          Listrik di Pesantren Hemat dengan PLTS, Santri dan Ulama di Bulukumba Sulsel Beri Dukungan Ganjar Jadi Presiden 2024
Listrik di Pesantren Hemat dengan PLTS, Santri dan Ulama di Bulukumba Sulsel Beri Dukungan Ganjar Jadi Presiden 2024
BENTENGSUMBAR.COM – Ratusan santri dan ulama di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, sepakat mendukung Ganjar Pranowo menjadi presiden Indonesia.

Aspirasi ini diungkapkan dalam ‘Gema Selawat dan Doa Bersama untuk Negeri’ saat memperingati Maulid Nabi Muhammad dan Hari Santri Nasional yang diselenggarakan Santri Dukung Ganjar (SDG).

“Bapak Ganjar Pranowo sosok yang tegas dan modern. Komitmen Pak Ganjar dan konsistensi sikapnya mensejahterakan pesantren membuat kami sepakat mendukung beliau,” ucap Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar (SDG) Sulsel, Ahmad Zulfikar di Pondok Pesantren As’adiyah Gulung Beru, Gantarang, Bulukumba, Sulsel, Rabu (26/10/22).

Salah satu komitmen Ganjar mendukung pesantren adalah dengan menekan biaya penggunaan listrik di Pondok Pesantren dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap.

Contohnya, penggunaan PLTS di Ponpes Tanbihul Ghofilin Banjarnegara menghemat pengeluaran biaya listrik 40 persen per tahun.

Di bawah kepemimpinan Ganjar, Jawa Tengah (Jateng) menjadi salah satu provinsi yang mempelopori transisi penggunaan energi fosil menjadi energi baru terbarukan (EBT).

Ganjar juga mengeluarkan Surat Edaran Gubernur tentang implementasi pembangunan PLTS.

Berdasarkan data Dinas Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jateng, pada 2021 sudah terbangun 995 kWp PLTS di Jawa Tengah, terdiri dari alokasi APBN 881 kWp, serta APBD provinsi dan kabupaten 114 kWp.

Jumlah tersebut akan bertambah dengan sedang dibangunnya PLTS atap pada kawasan UMKM dan pondok pesantren.

“Semoga PLTS ini bisa dikembangkan di pesantren-pesantren seluruh Indonesia, khususnya di Sulsel,” terang Fikar.

Fikar menyebut, SDG akan terus mensosialisasikan sosok Ganjar Pranowo kepada kalangan pesantren di Sulsel. Para santri dan ulama diharapkan mendukung Ganjar Pranowo hingga menjadi Presiden periode 2024-2029.

Sementara itu, Ustadz Jusman Imam selaku salah satu Pembina di Pondok Pesantren As’adiyah Gulung Beru menyatakan, Ganjar adalah figur pemimpin yang dicari selama ini.

Kedekatan Ganjar dengan ulama, kalangan pesantren, dan masyarakat membuatnya makin yakin mendukung Ganjar.

“Ganjar Pranowo adalah sosok yang sangat luar biasa sekali menurut kami. Beliau nasionalis, religius, juga sebagai orang pesantren kami menilai beliau sangat dekat dengan ulama dan pondok pesantren,” jelas Jusman. 

Sumber: Pojoksatu
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »