Mayoritas Publik Inginkan Duet Prabowo-Erick Thohir di Pilpres 2024, Mampu Kuatkan Soliditas Pemilih

BENTENGSUMBAR.COM - Lembaga survei Indonesia Polling Stations (IPS) merilis hasil survei terbaru terkait pasangan capres-cawapres ideal menurut persepsi publik. 

Alhasil mayoritas publik menginginkan Prabowo Subianto dan Erick Thohir dapat berpasangan pada Pilpres 2024.

Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto menyampaikan dari hasil survei dapat menjadi sebuah gambaran jelas bagaimana keinginan dari masyarakat.

Mereka memiliki harapan kepada sosok Prabowo dan Erick Thohir sebagai capres serta cawapres. 

Alfin mengungkapkan dari beberapa model simulasi pasangan calon yang dihadirkan IPS menunjukkan duet Prabowo-Erick Thohir tidak terkalahkan. 

Sehingga keberadaannya bahkan telah menjadi pilihan utama bagi publik.

“Pasangan Prabowo-Erick terbukti paling banyak disukai publik dibandingkan pasangan manapun,” kata Alfin, dilansir dari SINDOnews, Ahad, 30 Oktober 2022.

Alfin mengungkapkan Prabowo yang diasumsikan menjadi capres tentu turut dikaitan juga dengan nama figur lainnya. 

Misalnya saja seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

“Kendati berpasangan dengan siapa pun elektabilitas Prabowo tetap tinggi dan berpeluang memenangkan Pilpres 2024,” sambung Alfin.

Meskipun begitu, pilihan publik tetap tertuju pada sosok Menteri BUMN Erick Thohir. 

Hal itu dikarenakan Erick Thohir sedari awal sudah dipandang sebagai pasangan yang bisa melengkapi kekurangan dari sosok Prabowo.

“Untuk capres Prabowo Subianto ketika disimulasikan berpasangan dengan sejumlah nama cawapres tersebut ternyata Erick Thohir dinilai publik sebagai pasangan paling ideal Prabowo Subianto,” ujar Alfin.

Elektabilitas Erick Thohir Dinilai Mampu Menguatkan Soliditas Pemilih Prabowo


Modal elektabilitas mumpuni Menteri BUMN Erick Thohir dinilai berpotensi membuahkan berkah bagi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. 

Pengamat Politik Media Survei Nasional (Median) Rico Marbun menilai elektabilitas Erick Thohir yang tumbuh positif mampu menguatkan pilihan masyarakat.

Rico Marbun menuturkan pertarungan kontestasi Pilpres menjadi kesempatan besar bagi Erick Thohir. 

Terlebih dalam sejumlah temuan survei Erick Thohir tercatat sebagai figur potensial sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Kondisi tersebut, menurut Rico tentu dapat menjadi sebuah modal yang bagus karena mampu menguatkan posisi dari calon presiden (capres) bersanding dengan Erick Thohir. Selain itu juga akan menguatkan daya tarik Erick Thohir.

"Elektabilitas Pak Erick Thohir cukup baik. Apalagi memang komunikasi publik beliau hampir rata dan cukup agresif," kata Rico saat dihubungi di Jakarta, Ahad (30/10/2022), dilansir dari Republika.co.id.

Misalnya saja, tercatat pada temuan hasil simulasi pasangan calon dari Lembaga Survei Indonesia Political Opinion (IPO), Erick Thohir menjadi cawapres dari sosok Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Hasilnya, duet Prabowo-Erick Thohir berhasil unggul dengan persentase angka 34,7 persen membenamkan pasangan Anies-Agus Harimurti Yudhoyono dengan 27,5 persen. Serta Airlangga Hartarto-Ridwan Kamil 17,5 persen.

Rico menambahkan, hasil tersebut tentunya tidak terlepas dari kinerja Erick Thohir yang sekarang ini tengah berada dalam panggung strategis sebagai Menteri BUMN. Sehingga mampu membawa dampak positif elektoral.

Tidak hanya itu, menurut dia, tingginya elektabilitas keduanya juga didukung oleh gaya komunikasi yang begitu disenangi banyak kalangan. 

Kondisi tersebut tentu berhasil terekam baik dalam pandangan masyarakat

"Pak Erick cukup dominan di media luar ruang dan selalu hadir mengisi perbincangan publik di media," terang Rico. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »