Advertorial

Daerah

Obat Flu Anak Mengandung Apa Saja? Ini Jawabannya

          Obat Flu Anak Mengandung Apa Saja? Ini Jawabannya
Obat Flu Anak Mengandung Apa Saja? Ini Jawabannya
BENTENGSUMBAR.COM - Obat flu anak merupakan pertolongan pertama yang dapat diberikan kepada anak untuk meredakan gejala-gejala flu yang muncul. Untuk memilih obat flu yang tepat bagi anak, perlu diketahui kandungan didalamnya, berikut penjelasan lebih lengkapnya. 

1. Paracetamol

Kandungan pertama yang dijumpai dalam obat flu dan batuk adalah paracetamol. Kandungan paracetamol ini termasuk dalam kategori analgesik atau pereda nyeri yang bermanfaat untuk menurunkan demam ketika flu.

Kandungan paracetamol dapat membantu meredakan gejala flu mulai dari sakit kepala, sakit perut, sakit telinga, hingga batuk dan pilek. Pemberian paracetamol pada anak tidak boleh sembarangan diberikan dan harus disesuaikan dengan usia dan keluhan yang dialami. 

2. Antihistamin

Antihistamin yang terkandung dalam obat flu untuk anak berfungsi penting dalam berkompetidi melawan histamine. Histamin sendiri adalah salah satu mediator dalam tubuh yang dilepas ketika terjadi reaksi alergi. 

Beberapa jenis antihistamin juga dapat digunakan untuk meredakan gejala mual dan muntah yang timbul saat anak flu. Dengan mengkonsumsi obat flu yang mengandung antihistamin mampu mengurangi gejala alergi yang terjadi. 

3. Guaifenesin

Kandungan selanjutnya yaitu Guaifenesin yang memiliki peran penting sebagai ekspektoran dalam mengatasi flu pada anak. Kandungan ini bermanfaat untuk membantu mengencerkan dahak saat anak mengalami batuk berdahak. 

Guaifenesin juga berfungsi untuk membantu meredakan penumpukan dahak pada saluran pernafasan anak ketika flu. Obat ini termasuk ke dalam kategori ekspektoran yang bekerja mengencerkan dahak.

4. Dekongestan Hidung

Kandungan lain pada obat flu anak yang tidak kalah penting yaitu dekongestan hidung. Dekongestan hidung merupakan kandungan obat yang berfungsi untuk mengurangi efek hidung tersumbat.

Gejala umum yang muncul ketika anak mengalami flu yaitu hidung tersumbat yang membuat pernafasan anak menjadi tidak nyaman. Kandungan dekongestan hidung pada obat flu ini dapat membantu megurangi efek hidung tersumbat sehingga anak bisa bernafas dengan lega.  

5. Ekspektoran

Ekspektoran merupakan kandungan penting yang biasanya dijumpai pada obat flu untuk batuk berdahak. Obat ini berfungsi untuk membentuk massa dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Obat ini sering disebut juga sebagai obat pengencer karena memiliki kemampuan untuk mengencerkan batuk berdahak. Kandungan ekspektoran pada obat flu dapat membantu mengatasi batuk berdahak dan melegakan nafas ketika mengalami flu atau batuk pilek. 

6. Mukolitik

Mukolitik berfungsi untuk mengencerkan massa atau viskositas dahak sehingga mudah untuk dibatukkan. Bersama dengan ekspektoran, mukolitik memiliki fungsi kerja yang sangat penting dalam meredakan batuk. 

Keduanya berfungsi untuk membersihkan lendir terlebih dahulu dari saluran pernafasan. Mukolitik biasanya memang diresepkan bersamaan dengan ekspektoran karena akan berfungsi maksimal ketika dikonsumsi bersama. 

7. Antitusif

Antitusif pada obat flu anak memiliki peran penting dalam menaikkan ambang rangsang batuk. Kandungan ini akan bekerja pada susunan saraf pusat dengan menekan pusat batuk sehingga menaikkan ambang rangsang batuk. 

Kandungan obat ini pada umumnya digunakan untuk mengobati batuk kering. Fungsi utamanya yaitu untuk mengurangi refleks batuk dengan cara menekan sinyal dari otak. 

8. Phenylephrine

Kandungan Phenylephrine pada obat flu untuk anak berperan sebagai dekongestan. Kandungan ini berfungsi untuk melegakan hidung tersumbat agar dapat bernafas dengan lega serta beristirahat dengan nyaman. 

Phenylephrine juga memiliki kandungan zat DPH yang bersifat antihistamin dan antitusif. Kandungan ini dapat bermanfaat sangat baik untuk mengencerkan dahak pada anak.

Nah, itulah tadi beberapa kandungan dalam obat flu anak yang dapat membantu mengatasi gejala flu pada anak. Penting diketahui juga untuk selalu mengkonsumsi obat flu ini sesuai anjuran yang ditetapkan untuk hasil yang maksimal. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »