Pemko Payakumbuh MoU dengan PT. Semen Terkait Pembangunan Daerah dan Lungkungan Hidup

BENTENGSUMBAR.COM - Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda bersama Pemerintah Kota se-Sumatera Barat melakukan penandatanganan kesepakatan bersama (Memorandum of Understanding/MoU) dengan PT Semen Padang dalam rangka mempercepat pembangunan daerah, pelestarian lingkungan hidup dan pengembangan sosial budaya.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh 7 Wali Kota di Sumatera Barat dengan Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar Dt Tumangguang Basa, di Wisma Indarung Semen Padang, Selasa (25/10/22).

Hadir pada kesempatan itu Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda, Direktur Keuangan PT Semen Padang Oktoweri, Direktur Operasi, Indrieffouny Indra, Komisaris, Khairul Jasmi, Komisaris, Werry Darta Taifur, Vice President Corsales PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, Rahmat Faisal, para staf pimpinan PT Semen Padang serta para Wali Kota se-Sumatera Barat atau yang mewakili.

Direktur Utama PT Semen Padang Asri Mukhtar Dt Tumangguang Basa menekankan bahwa PT Semen Padang berkomitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah khususnya di Sumatera Barat.

“Hal ini dapat terwujud tentunya dengan dukungan serta sinergi dengan Gubernur, dan Bupati selaku pimpinan/pejabat pemerintah daerah,” kata Asri.

Ia menyatakan bahwa PT Semen Padang dan Pemerintah Daerah memiliki kedekatan emosional sejak dahulu.

Dengan kesamaan visi, kata Asri, tidak hanya untuk percepatan pembangunan daerah. Namun juga dalam hal pelestarian lingkungan hidup dan pengembangan sosial budaya di Sumatera Barat.

Saat ini, lanjutnya, program sinergi dan kolaborasi yang sedang berlangsung dari Semen Padang dengan pemerintah daerah seperti, penanaman kaliandra (pemberdayaan masyarakat), Nabuang Sarok (peduli lingkungan) dan workshop.

Dalam menanggapi MoU ini, Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menyampaikan harapannya terkait adanya kerjasama yang disepakati.

Program-program yang ada di PT Semen Padang dinilai sangat bermanfaat dalam mendukung pembangunan di daerah, terutama bagi Kota Payakumbuh yang saat ini sudah di branding dengan City of Randang.

“Kita berharap adanya pembinaan-pembinaan yang terus berlanjut dari PT Semen Padang. Apalagi Kota Payakumbuh banyak memiliki UMKM yang membutuhkan pembinaan, sehingga UMKM yang skopnya masih kecil bisa berkembang lebih baik lagi,” kata Rida.

Rida juga menyampaikan bahwa setelah adanya kerja sama dengan Pemerintah Daerah, diharapkan kerjasama tersebut bisa berlanjut sampai ke OPD yang akan menjadi pelaksana di daerah masing-masing.

“Kami membawa Dinas lingkungan hidup dan Pariwisata, harapannya kerja sama ini bisa berlanjut kebawah dan berdampak terhadap pembangunan di daerah, terutama di Kota Payakumbuh,” tukuk Rida. (Hermiko)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »