Advertorial

Daerah

Pengamat Curiga Pertemuan Anies-AHY Tak Jauh dari Pesan Politik

          Pengamat Curiga Pertemuan Anies-AHY Tak Jauh dari Pesan Politik
Pengamat Curiga Pertemuan Anies-AHY Tak Jauh dari Pesan Politik
BENTENGSUMBAR.COM - Pengamat Politik Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa menyoroti pertemuan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Herry memandang, langkah Anies bertemu AHY adalah tindak lanjut untuk menjajaki kemungkinan koalisi di ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Apalagi, lanjut Herry, Anies saat ini berstatus sebagai bakal calon Presiden (Bacapres)-nya Partai NasDem yang idealnya memang bertugas membangun komunikasi politik menjelang Pilpres 2024.

"Dalam konteks kalkulasi politik, dukungan pencalonan Anies pada Pilpres 2024 belum memenuhi syarat. Artinya perlu menjajaki koalisi termasuk dengan Demokrat maupun parpol lainnya," ucap Herry kepada AKURAT.CO, Jumat (7/10/2022).

Selain itu, Herry juga menduga Anies bertemu tokoh politik seperti AHY memiliki pesan politik.

"Ada pesan politik, kondisi saat ini hanya memungkinkan Anies bertemu AHY karena bukan berasal dari koalisi pemerintah," ujarnya.

Di sisi lain, pertemuan Anies dengan AHY juga untuk mendeteksi tingkat respons publik terhadap pencalonan Anies dan dukungan Demokrat.

"Pertemuan semacam ini untuk cek ombak juga melihat respons publik, bagaimana tingkat penerimaan jika Anies, AHY dan Demokrat dalam satu koalisi sehingga pihak mereka bisa memetakan peluang dan tantangan ke depan," tuturnya.

Seperti diketahui, dalam pertemuan itu, Anies mengungkapkan bahwa telah bertemu dengan para pengurus Partai Demokrat. 

Selain itu, Anies mengatakan bahwa dirinya siap berjalan bersama dengan Partai Demokrat menyambut Pilpres 2024. 

"Saya merasa sangat terhormat, saya berjumpa dengan beberapa pengurus ternyata beberapa (pengurus) Demokrat luar biasa. Insya Allah ini penanda bahwa kita siap untuk jalan bersama-sama," kata Anies dalam pidatonya.

Sumber: Akurat
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »