Advertorial

Daerah

Program Pengembangan Karir Karyawan BNI Cabang Padang

          Program Pengembangan Karir Karyawan BNI Cabang Padang
Program Pengembangan Karir Karyawan BNI Cabang Padang
DENGAN SDM yang bagus maka akan memberikan dampak yang bagus terhadap perusahaan Sebuah perusahaan bisa berkembang tentu tidak lepas dari peran karyawannya. Sebagai asset perusahaan yang penting, BNI telah berkomitmen dan mendukung penuh terhadap peningkatan pengembangan karier karyawannya,” ucap Bapak Indarto, Pemimpin Bidang Operasional bidang Sumber Daya Manusia Cabang Padang.

Pengembangan karyawan merupakan salah satu langkah yang ditempuh untuk mewujudkan karyawan yang memiliki integritas dan kemampuan yang tinggi dalam bekerja. 

Sebagai salah satu bank yang terbesar di Indonesia , PT Bank Negara Indonesia (Persero ) Tbk , berkomitmen mempesiapkan karyawan yang mampu menjawab tantangan  era globalisasi dan perdagangan bebas. 

Bapak Indarto selaku narasumber pada wawancara yang diadakan pada 29 September 2022 menjelaskan, "Pengembangan karir karyawan di BNI bisa dimulai kapan saja dan untuk siapa saja. Sepanjang telah memenuhi persyarant yang telah di tetapkan setiap karyawan berhak untuk mendapatkan peluang yang sama untuk pengembangan karier di BNI”.

Program pengembangan karier yang dilakukan BNI untuk para karyawannya yang pertama adalah pendidikan dan pelatihan.

Pendikan dan peltihan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan tentu dimaksudkan untuk memperbaiki dan mengembangkan sikap dan performance karyawan yang ada di perusahaan. 

Kedua, Promosi (promotion) yang dimaksudkan untuk kenaikan posisi atau jabatan ke tingkat yang lebih tinggi. 

Promosi ini diikuti dengan meningkatnya tanggung jawab, hak, kewajiban untuk karyawan yang dipromosikan. 

Ketiga, Mutasi (mutation) dimana perubahan dari satu unit ke unit lain yang tingkatannya sama. 

Keempat, Pejabat Pengganti Sementara (PGS) merupakan kasus dimana jika posisi atas mengalami kekosongan, karyawan yang ditunjuk sebagai PGS ini bisa menjabat dengan waktu yang ditentukan. 

Kualifikasi untuk PGS berlaku untuk karyawan yang memiliki potensi dan kinerja yang baik. 

Kelima, Pelatihan-pelatihan Online yang diberikan kepada seluruh karyawan yang sesuai dengan posisi. 

Misalkan, pemimpin Outlet mendapat pelatihan kredit dengan pelatihan Online yang wajib lulus ( Mandatory Online Training).

Terdapat pula aplikasi dari program pengembangan karir karyawan di BNI adalah yang pertama, Program Kerja Waktu Tertentu (PKWT) dimana pekerja dan perusahaan menjalin kontrak pada waktu tertentu. 

Biasa disebut dengan pegawai kontrak yang nanti akan dinilai kinerjanya lalu dievaluasi apakah karyawan tersebut bisa diangkat menjadi karyawan tetap atau tidak. 

Kedua, Program ADP ( Assitance Development Program) yang diperuntukkan kepada karyawan asisten untuk mendapat kesempatan pengembangan karir ke unit Organisasi Bisnis. 

Misalnya, dari Teller ke Front Liner, Administrasi Kredit, atau ke Marketing.

Ketiga, Program ODP ( Office Development Program) yang diperuntukkan untuk karyawan- karyawan yang menempati posisi Relationship Manager (RM), General Manager (GM), Analisis Transaksi Luar Negeri, Analisis Akuntansi, dan Audit.

Yang terakhir adalah kenaikan grade berjenjang, yaitu program yang diberikan untuk karyawan yang telah berada pada 1 unit yang sama selama lebih dari 3 tahun akan dianggap perlu akan promosi atau mutasi ke unit yang berbeda.

“Kalau terdapat pegawai yang masuk usia pensiun, maka perlu pegawai penganti yang akan mengisi posisi yang ditinggalkan, ” ucap Indarto.

Kesempatan dalam mengikuti pengembangan karier berlaku untuk semua karyawan, namun untuk penempatan promosi dan mutasi tergantung oleh kebutuhan perusahaan saat itu. 

Seperti yang dijelaskan oleh Bapak Indarto, “ Jika orang tersebut telah memenuhi kriteria tetapi belum adanya perushaan akan kebutuhan, maka harus menunggu untuk adanya posisi yang dapat diisi,”

“Untuk pengembangan karir bisa dibuka kemana saja sesuai peluang dan kemungkinan. Baik ke luar negeri maupun di dalam negeri, namun harus sesuai dengan passing grade yang dituju, seperti kemampuan berbahasa. Misalkan ingin pengembangan karir ke KCLN Jepang. Kita harus bisa bahasa Jepang. Marketing yang dicari harus mengetahui dan memahami culture disana. Sesuai dengan Visi BNI menjadi lembaga keuangan yang terunggul dalam layanan dan kinerja secara berkelanjutan” ujar Indarto.

“Seleksi yang dilakukan oleh BNI seperti melalui Job Posting dan Sistem Pengelolaan Pegawai yang terintegrasi ( Talent Management ) untuk mendapatkan calom-calon karyawan BNI yang qualified,” seperti yang diungkapkan Bapak Indarto diakhir wawancara.

*Penulis: Oleh Rasya Amira Trianindya, Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas.
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »