Advertorial

Daerah

Regsosek Tahun 2022, Lurah Bandar Buat Ingatkan Seluruh RT/RW: Saya Minta...

          Regsosek Tahun 2022, Lurah Bandar Buat Ingatkan Seluruh RT/RW: Saya Minta...
Regsosek Tahun 2022, Lurah Bandar Buat Ingatkan Seluruh RT/RW: Saya Minta...
BENTENGSUMBAR.COM - Lurah Bandar Buat Naswandi mengingatkan sekaligus meminta seluruh RW dan RT di Kelurahan Bandar Buat, agar mendukung penuh kegiatan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi  (Regsosek) Tahun 2022.

"Saya minta mereka ikut mendukung dan berperan aktif pada setiap tahapan kegiatan Pendataan Awal Regsosek Tahun 2022 oleh Badan Pusat Statistik (BPS)," kata Naswandi, Jum"at (14/10/2022).

Naswandi juga menghimbau masyarakat untuk menerima kedatangan petugas Regsosek dan memberikan jawaban yang benar dan jujur atas pertanyaan yang diberikan.

Sebab, regsosek adalah sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa/kelurahan.

Pelaksanaan Regsosek berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik serta sejalan dengan Instruksi Presiden No. 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem, BPS akan menyelenggarakan Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi Tahun 2022.

"Regsosek akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial, melainkan keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah. Dapat juga digunakan untuk kepentingan perencanaan dan evaluasi pembangunan," kata Naswandi.

Dia menjelaskan, data Regsosek akan menjembatani koordinasi dan berbagi pakai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten.

Kegiatan pendataan Regsosek dilaksanakan sejak 15 Oktober hingga 14 November 2022. Pendataan dilaksanakan dengan metode wawancara secara langsung yang akan dilakukan petugas lapangan kepada seluruh penduduk dalam Pendataan Awal Regsosek Tahun 2022.

"Kita sudah memberitahukan kepada seluruh perangkat RT dan RW untuk mendukung pendataan awal Regsosek 2022, dan Petugas yang turun sebanyak 17 orang yang telah di bagi RTnya untuk di lakukan Pendataan," demikian Naswandi. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »