Advertorial

Daerah

Sebelum Lengser, Anies Baswedan Temui HRS sampai Uskup Agung

          Sebelum Lengser, Anies Baswedan Temui HRS sampai Uskup Agung
Sebelum Lengser, Anies Baswedan Temui HRS sampai Uskup Agung
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu sejumlah tokoh agama untuk berpamitan jelang masa jabatan dirinya berakhir pada 16 Oktober mendatang.

Anies bertemu dengan Keuskupan Agung DKI Jakarta, Kardinal Ignatius Suharyo, hingga eks Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Pertemuan Anies dengan Keuskupan Agung DKI Jakarta berlangsung pada Jumat (7/10).

"Bersilaturahmi ke Keuskupan Agung DKI Jakarta, berkesempatan untuk bisa mendengar lebih jauh dalam kisah Katedral dan perjalanan sejarah umat Katolik di Indonesia," kata Anies dalam unggahannya di media sosial Instagram.

Dalam kesempatan tersebut, Anies juga mengaku sempat berbincang dengan Kardinal Ignatius Suharyo. Ia menyampaikan rasa syukurnya bisa bekerja sama dengan Keuskupan Agung Jakarta selama lima tahun.

"Kami bersyukur bisa bekerja dengan Ibu-Bapak dalam menghadirkan rasa keadilan, kekeluargaan, kebersamaan, dan kesatuan warga kota Jakarta," ujar Anies lagi.

Anies juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh umat Katolik di Jakarta yang dinilai telah membantu mewujudkan persatuan di wilayah yang ia pimpin.

Dalam pertemuan ini, Anies juga menyampaikan salam perpisahan, karena masa baktinya bakal habis beberapa pekan lagi. Ia berharap silaturahmi mereka terpelihara meski ia bukan lagi gubernur.

"Kami mohon pamit, karena pekan depan amanat Gubernur DKI tuntas, semoga tali silaturahmi ini tetap terjaga. Permasalahan dan tantangan untuk umat beragama akan terus ada melebihi masa jabatan pemerintah," kata Anies.

Selain ke Keuskupan Agung, Anies juga menemui Persekutuan Gereja-Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI).

Saat bertemu PGPI, ia menyinggung soal toleransi yang menjadi tanggung jawab bersama. Menurutnya, rumah ibadah harus memunculkan rasa aman dan membantu masyarakat sekitar.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh para pemimpin gereja PGPI dan umat Kristen PGPI yang telah ikut menjaga persatuan di ibukota," demikian kata Anies di Instagram.

Anies juga sempat mengunjungi Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia Wilayah DKI Jakarta (PGIW DKI).

"Selama lima tahun ini kami bekerja bersama. Lintas batas. Menjaga dan menguatkan rasa kesetaraan, kebersamaan, dan persahabatan," ujar dia.

Anies kemudian berkata,"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh umat para pemimpin gereja kristen dan umat kristen Jakarta yang telah ikut menjaga persatuan di ibukota."

Di hari yang sama, Anies juga bertemu dengan eks imam FPI, Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta.

Ia dikabarkan menghadiri acara Maulid Akbar Nabi Muhammad dan akad nikah Putri Rizieq.

"Beliau [Muhammad Rizieq Shihab] mendoakan Pak Anies semoga dimudahkan dan dimenangkan dalam perjuangan memperbaiki Indonesia," kata Sekretaris Dewan Suryo PA 212 Slamet Maarif kepada CNNIndonesia,com pada Sabtu, saat dimintai konfirmasi soal pertemuan itu.

Lebih lanjut, Slamet menerangkan Rizieq menyampaikan terima kasih kepada Anies yang dinilai telah menjalankan amanah selama menjadi gubernur dan tak mengecewakan pendukungnya di Pilkada.

Dikonfirmasi terpisah, Anies membenarkan pertemuan itu. Ia mengaku menghadiri pernikahan putri Rizieq.

"Saya ke pernikahan anaknya," kata Anies.

Anies enggan membeberkan apakah pertemuannya dengan Rizieq terkait soal pencalonan dirinya dalam Pilpres 2024 mendatang.

Belum lama ini, Partai NasDem mendeklarasikan Anies sebagai calon presiden.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »