Advertorial

Daerah

Strategi Pemasaran Showroom Mobil Shafira CM

          Strategi Pemasaran Showroom Mobil Shafira CM
Strategi Pemasaran Showroom Mobil Shafira CM
PERSAINGAN bisnis diberbagai bidang saat ini adalah sangat kompetitif, artinya setiap lembaga, perusahaan yang berkecimpung dalam dunia bisnis apa saja, perlu meningkatkan kemampuan dan kualitas baik barang maupun jasa yang ditawarkan kepada masyarakat umum. Hampir dalam segala hal, selalu ada persaingan. 

Bahkan banyak pula yang beranggapan, jika tidak ada persaingan maka hal tersebut dianggap kurang menarik. Begitu juga dengan persaingan di bidang bisnis, akan ada persaingan bisnis baik secara langsung maupun secara tidak langsung. 

Adanya persaingan bisnis memang sangatlah wajar, namun sebaiknya jangan terlena dan melemah jika menghadapi persaingan bisnis yang bermunculan. 

0leh karena itu, produsen dalam kegiatan pemasaran produk atau jasanya harus membutuhkan konsumen mengenai produk atau jasa yang dihasilkannya. 

Salah satu cara yang digunakan produsen dalam bidang pemasaran untuk tujuan meningkatkan hasil produk yaitu melalui kegiatan promosi

Peranan marketing sangatlah penting dalam menunjang keberhasilan perusahaan. Tanpa adanya strategi pemasaran yang baik produk yang telah didesain sedemikian rupa tidak akan di beli oleh konsumen. 

Oleh karena itu, disinilah tugas para marketer untuk memasarkan produk perusahaan sehingga di beli oleh konsumen.

Begitu juga yang dilakukan oleh SHAFIRA CM dalam melakukan dan memaksimalkan strategi pemasaran, untuk diketahui SHAFIRA CM merupakan suatu badan usaha yang bergerak dalam bidang otomotif yaitu Showroom penjualan mobil baru dan bekas.

Showroom SHAFIRA CM menjual berbagai Jenis dan merk mobil dari tingkat harga puluhan sampai ratusan juta.Showroom SHAFIRA CM menjual mobil bekas like new dengan kualitas yang pasti sudah terjamin dan tidak abal abal atau sembarangan menjual hanya semata mata untuk mendapatkan keuntungan.

Karna itu SHAFIRA CM mengutamakan penjualan dengan kepuasan dan kenyamanan konsumen agar mobil yang dibeli oleh konsumen dapat digunakan dengan nyaman dan baik tanpa ada masalah pada mobil tersebut.

Setiap mobil yang ada di SHAFIRA CM pasti sudah di cek kondisi dan keamanan pada mobil tersebut sebelum dijualkan kepada konsumen.

Mekanisme pengambilan mobil pada SHAFIRA CM memiliki beberapa tahapan seperti

1.Shafira CM memiliki beberapa anggota untuk menginformasikan kepada kepala usaha atau bosnya bahwa ada info mobil yang sedang dijual dari berbagai daerah karna relasi
Showroom mobil itu harus luas agar mendapatkan link yang banyak.

2.Jika mobil tersebut kelihatan bagus atau aman oleh bos dari foto yang dikirimkan, maka bos memerintahkan anggota nya untuk melihat kondisi fisik mobil secara langsung dan kadang
kadang bos tersebut turun ke lapangan langsung.

3.Jika mobil tersebut sudah ok dari kondisinya,mulailah pihak showroom dan pemilik mobil
bernegosiasi harga untuk kesepakatan Bersama.

4.Jika kedua belah pihak telah sepakat maka terjadilah transaksi secara Cash oleh pihak Showroom dan langsung serah terima mobil dan surat surat lain seperti BPKB dan STNK. 5.Setelah itu mobil di bersihkan dengan cara dicuci dan disalon serta di servis apabila perlu oleh pihak Showroom dan kemudian dijual.

Showroom SHAFIRA CM menjalankan penjualan dengan baik dan dengan pemasaran yang cukup kencang.

Untuk diketahui SHAFIRA CM 2 terletak di Provinsi Riau dengan memiliki 2 buah cabang yang pusatnya terletak di Pangkalan Kerinci jalan lintas timur di depan Pajero Motor. 

Dan cabang kedua nya terletak di Kota Pekanbaru jalan Arifin Ahmad di sebelah Street Boba dan di depan BTN Syariah.

Penjualan showroom Shafira CM menggunakan 4 sistem: Pertama, pesanan: caranya jika ada konsumen yang memesan mobil, maka konsumen membayar untuk uang muka, jika mobil yang di pesan tidak sesuai yang di inginkan oleh konsumen maka mobil tetap harus di beli. 

Kedua. Tukar tambah: jika ada konsumen mau tukar tambah mobilnya dengan yang ada di showroom, kemudian mobil yang di miliki oleh konsumen akan di beli oleh showroom tersebut dan nanti konsumen menambah uang untuk tukar tambah dengan mobil yang ada di showroom.

Ketiga, cash: konsumen datang langsung ke showroom untuk memilih mobil yang di inginkan dan melakukan transaksi tunai. 

Keempat, kredit: konsumen membeli mobil kredit dengan cara melakukan transaksi dengan bank melalui perantara pemilik showroom, kemudian konsumen membayar uang secara kredit dalam sebulan sekali ke bank hingga lunas selama tahun yang telah di tentukan.

Strategi produk dan jasa yang diterapkan oleh Showroom SHAFIRA CM yang berkaitan dengan pengembangan nilai-nilai dalam produk showroom adalah dengan : 

(a) mengutamakan kualitas mobil yang dijual dalam kondisi prima dan for your use (siap pakai);

(b) melengkapi sarana ibadah seperti alat sholat, arah kiblat dan Al-Quran dalam showroom;

(c) memfasilitasi jaringan internet didalam showroom untuk melakukan akses jual-beli melalui website, sebagai penunjang kinerja showroom dalam menawarkan produknya dan
akses jaringan internet ini bisa dimanfaatkan oleh konsumen maupun pelanggan; 

(d) menyediakan tempat dan waktu khusus untuk konsumen yang bertransaksi atau sekedar
mencari informasi tentang mobil di showroom seperti meeting room konsumen dan lobby; 

(e) SHAFIRA CM tidak hanya melayani barang second tetapi juga menawarkan barang baru. 

Strategi harga yang diterapkan oleh Showroom SHAFIRA CM yang berkaitan dengan diberikannya diskon bagi konsumen yang menjadi pelanggan aktif. 

Dalam penentuan harga, bersifat fleksibel dengan mengikuti harga pasar dan bisa dinegosiasi atau tawar
menawar walaupun image harga mahal pada showroom tetap terjaga. Strategi lokasi dan distribusi yang diterapkan oleh Showroom SHAFIRA CM adalah dengan pemanfaatan daerah strategis yang berada keramaian kota Pekanbaru dan Pangkalan Kerinci dan bersifat positif bagi konsumen atau pelanggan yang hendak berkunjung ke Showroom SHAFIRA CM

Bentuk promosi yang diterapkan oleh Showroom SHAFIRA CM adalah dengan mengutamakan etika dan kejujuran dalam mengkomunikasikan dan memberikan penawaran produknya. 

Jika dilihat dari sudut pandang syariat Islam maka strategi promosi dengan menjunjung tinggi etika tersebut sangatlah sesuai dengan yang diajarkan oleh syariat Islam. 

5. Bentuk optimalisasi people atau karyawan yang diterapkan oleh Showroom SHAFIRA CM Riau adalah dengan : 

(a) mengutamakan sikap ramah tamah dan sopan santun saat berkomunikasi dengan konsumen, agar konsumen mendapatkan kepuasan dalam pelayanannya; 

(b) memiliki budaya tegur sapa dengan ucapan salam yang Islami seperti 3 “assalamualikum” kepada seluruh konsumen untuk konsumen muslim; 

(c) berpenampilan baik dan rapi untuk menjaga image yang dipercayakan perusahaan ke karyawan. Bahwa citra perusahaan secara tidak langsung ada di karyawannya sebagai unjung tombak perusahaan dalam menjalankan usahanya.

*Penulis: Rafil Zahril, Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Andalas.
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »