Advertorial

Daerah

Strategi Pemasaran Xd House Cafe Pasar Baru

          Strategi Pemasaran Xd House Cafe Pasar Baru
Strategi Pemasaran Xd House Cafe Pasar Baru
XD House Cafe merupakan tempat untuk makan dan minum sajian cepat saji dan menyuguhkan suasana santai dan tidak resmi, selain itu juga merupakan suatu tipe dari restoran yang biasanya menyediakan tempat duduk didalam dan diluar restoran. Ini adalah tempat interaksi sosial dan sebagian besar memiliki karakteristik yang sama dengan bar dan restoran. Cafe juga termasuk dalam industri F&B, F&B adalah semua jenis bisnis yang menempatkan makanan atau minuman sebagai poros bisnisnya. 

Pemilik usahah ini adalah Bpk Rusmana Wijaya Ningrat Dan Ibu Wevy Maritha Ningrat, Serta Putri Ovyra Ningrat Sebagai Menager. Perusahaan di bidang horeca satu ini berlokasi di Jl.Dr.M.Hatta No 24 Cupak Tengah, Kec.Pauh, Sumatra Barat. Cafe ini berdiri pada juli 2021 dan tetap mempertahankan kualitas dan eksistensinya hingga sekarang. 

Cafe ini merupakan salah satu cabang dari usaha restoran yang beliau dirikan yaitu XD House yang berdiri pada tahun 2006. Cafe ini memiliki 6 orang karyawan, terdiri dari 2 barista, 2 chef, 2 pramu saji dan dibagi menjadi 2 shift yaitu pagi-siang dan sore-malam. XD House Cafe buka setiap hari kecuali hari besar keagamaan, star at 08.00-22.00 WIB.

Target pasar dari XD House Cafe adalah anak usia muda atau orang kelas menengah ke atas. Yang mana biasanya mereka angat akrab dengan social media. Karena sosial media ini adalah salah satu contoh penerapan strategi marketing atau stratei pemasaran cafe yang efektif dan murah. 

Peranan marketing sangatlah penting dalam menunjang keberhasilan perusahaan. Tanpa adanya strategi pemasaran yang baik produk yang telah didesain sedemikian rupa tidak akan di beli oleh konsumen.

Selain menggunakan pelanggan sebagai porosi marketing di media sosial XD House Cafe juga mempunyai strategi marketing sendiri. Strategi pemasaran yang paling sering di gunakan XD House Cafe adalah:

Pemasaran melalui media sosial, yaitu satu pemasaran melalui media sosial yang dilakukan melalui pihak ketiga yaitu website berbasis media sosial.  Saat ini sudah banyak media sosial yang dapat digunakan untuk pemasaran atau promosi sebuah produk, media sosial yang sering digunakan untuk pemasaran atau promosi di antaranya instagram (dapat dilihat di akun @birubyxdhouse) dan facebook (dapat dilihat di akun X`D House). 

Dengan memberikan profil yang jelas dan menarik yang menggambarkan kepribadian cafe, sehingga orang-orang yang belum mengenal merek cafe pun bisa mengenal dengan mudah. Ditambah dengan mengunggah konten menarik yang akan menambah nilai merek cafe di mata target konsumen.

Aktif dalam berinteraksi, dalam menjalankan usaha tak jarang mendapatkan kritik oleh konsumen, dan dari kritikan tersebut pengusaha dapat langsung menindaklanjuti masalah tersebut sampai konsumen puas. 

Dari kritikan yang dilontarkan konsumen ini merupakan cara agar pengusaha tau dimana kekurangan dari cafe dan dapat meningkatkan hal dimana yang menjadi kekurangan cafe ini. Juga dapat meningkatkan visibilitas merek sehingga akan meningkatkan pengakuan terhadap cafe.

Marketing gofood, salah satu strategi untuk mempermudah pelanggan memesan makanan tanpa harus datang langsung ke lokasi. Tentunya strategi ini banyak diminati karena pelanggan dapat dengan mudah mencari makakan yang di inginkan dan tidak perlu berlama-lama meninggalkan pekerjaan yang sedang dilakukan. 

Strategi marketing gofood ini juga dapat memperlihatkan kualitas produk makan yang di jual melalui foto-foto yang tersedia dan komentar yang di tinggalkan oleh konsumen terhadap cafe nantinya. (Dapat Dilihat Di Akun XD House Cafe dan Resto, Pasar Baru).

*Penulis: Agnes Tasya Sinaga, Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Andalas.
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »