Advertorial

Daerah

Strategi Sukses Angkringan Masbree di Era Milenial

          Strategi Sukses Angkringan Masbree di Era Milenial
Strategi Sukses Angkringan Masbree di Era Milenial
ANGKRINGAN Masbree ini didirikan oleh dua orang Mahasiswa UPI Y-PTK Padang, Muhammad Fadlan Deza (20) dan Rolliev Delvio Surojo (22).

Angkringan ini didirikan dengan alasan ingin membuka usaha bisnis dengan ide usaha yang unik dan berbeda dari usaha bisnis lainnya, yang mengambil tema khas Yogyakarta. 

Angkringan Masbree ini resmi dibuka pada tanggal 13 Agustus 2022. Saat ini angkringan Masbree hanya memiliki satu gerai yang berlokasi di Jalan Raya Kampung Kalawi No 29.

“Angkringan merupakan usaha yang sederhana namun bisa meraup keuntungan besar. Mengapa? karena angkringan menjadi tempat makan fenomenal yang banyak diminati dan populer bagi masyarakat Indonesia. Konsep tempat makan ini dinilai unik dan sangat cocok dengan masyarakat Indonesia,” ujar Fadlan, sang pemilik angkringan Masbree.

Angkringan Masbree menyajikan makanan dengan nuansa khas daerah Yogyakarta. 

“Walaupun kami mengambil konsep khas daerah Yogyakarta, tetapi kami tidak ingin terlihat sama persis dengan angkringan yang ada di Yogyakarta. Kami menerapkan ide yang unik dan mengikuti perkembangan zaman yaitu menggabungkan konsep makanan yang bernuansa khas daerah Yogyakarta dan digabungkan dengan tempat tongkrongan ala-ala anak muda zaman sekarang,” ujar sang pemilik angkringan. 

Yang unik dari konsep angkringan ini adalah konsep duduk lesehan, sebagian orang nyaman dengan duduk lesehan, dimana orang makan sambil duduk bersila. Masakan angkringan Masbre ini di bikin dan di racik sendiri oleh pemiliknya. 

“Kami juga meracik bumbu dan resep sendiri dengan banyak percobaan agar rasanya berbeda dengan angkringan pada umumnya, yang menjadi ciri khas makanan kami dan agar rasanya dapat diterima oleh lidah masyarakat lokal,” ungkap Fadlan, sang pemilik angkringan. 

Tidak hanya menyajikan aneka sate angkringan dan nasi kucing khas daerah Yogyakarta, angkringan Masbree juga menyajikan menu produk makanan lainnya, seperti frozen food, aneka ragam indomie yang dimasak dengan bumbu dan racikan sendiri. Selain itu, angkringan Masbree juga menyediakan aneka minuman yang bervariasi seperti cappuccino, kopi susu, milkshake, lemon tea, dan aneka ragam minuman lainnya. 

Selain dari konsep tempat makan yang unik, angkringan Masbree juga menyajikan live music untuk menghibur pelanggan dan membuat pelanggan semakin betah dalam membeli produk di Angkringan Masbre. 

“Kami juga harus mengikuti perkembangan zaman pada generasi milenial ini, dimana kami membuat tempat tongkrongan ala-ala anak muda zaman sekarang. Oleh sebab itu, kami menyajikan live music yang mana anak-anak muda zaman sekarang banyak menyukai tempat tongkrongan yang ada live musiknya,” ujar Rolliev, juga salah seorang pemilik angkringan Masbree. 

Hal inilah yang membuat Angkringan Masbre tidak ketinggalan dengan kompetitornya.

Selain itu, pemilik angkringan juga membuat social media untuk memudahkan konsumen jika seandainya ada yang ingin bertanya atau memesan. 

Dalam memperkenalkan gerainya, Rolliev mengatakan bahwa dia aktif melakukan promosi di media sosial seperti Instagram dengan nama akun @angkringan.masbree. 

Angkringan Masbree juga tersedia di GoFood jika konsumen ingin membeli produk makanan atau minuman secara online. 

Tentunya hal ini mempermudah konsumen, karena konsumen tidak perlu ribet keluar rumah jika ingin memesan produk makanan atau minuman angkringan Masbree.

Selanjutnya, ada beberapa tanggapan konsumen dalam membeli produk makanan di angkringan Masbree.

“Saya merasa nyaman dan senang dalam membeli produk di angkringan Masbree. Selain harganya yang terjangkau, makanan di angkringan Masbree enak-enak dan memiliki rasa yang khas dibanding tempat lainnya. Dan juga ada live musicnya yang membuat saya merasa betah nongkrong bersama teman-teman di angkringan Masbree,” ujar Nofra Saima. 

“Saya sering nongkrong di angkringan Masbree. Makanan yang dijual di angkringan Masbree sangat bervariasi dan banyak pilihan. Saya sangat suka dengan Indomie yang dimasak dengan resep khas dari angkringan Masbree dan dicampur dengan toping seperti sosis, otak-otak,dan aneka sate angkringan lainnya. Minumannya juga ga kalah enak dan banyak menunya. Karena selain tempat nongkrong bersama teman, angkringan Masbree juga bisa sebagai tempat untuk membuat tugas bagi saya karena tempatnya yang nyaman dan bagus,” ujar Doni Marsya.

Pasar utama atau target dari Angkringan Masbre adalah anak muda dan keluarga. Banyak anak muda dan keluarga yang mencari tempat makan yang unik seperti angkringan. 

Tak heran angkringan menjadi tempat makan yang fenomenal dan banyak diminati di kalangan masyarakat Indonesia. 

Angkringan Masbree menyajikan makanan khas daerah Yogyakarta dan variasi makanan lainnya dengan bumbu dan resep yang diracik sendiri oleh pemiliknya sehingga memiliki cita rasa yang khas dan agar rasanya dapat diterima oleh lidah masyarakat lokal.

Selain itu, harganya yang terjangkau sangat cocok bagi anak muda yang ingin nongkrong dengan harga pas di kantong. 

Tidak hanya itu, angkringan Masbree juga menyajikan live music dimana anak-anak muda zaman sekarang sangat gemar nongkrong di tempat yang ada live musicnya. 

Hal inilah yang membuat angkringan Masbre tidak ketinggalan dengan kompetitornya dan membuat pelanggan semakin betah dalam membeli produk di Angkringan Masbre.

*Penulis: Luthfi Deza Dahrief Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Andalas.
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »