Advertorial

Daerah

Supreme Energy Memberikan Cahaya bagi Solok Selatan

          Supreme Energy Memberikan Cahaya bagi Solok Selatan
Supreme Energy Memberikan Cahaya bagi Solok Selatan
PT Supereme Energy adalah salah satu PT yang bergerak dibidang pengembangan energy panas bumi untuk menghasilkan listrik yang di pasok ke PT PLN. Salah satu PT ini terletak di Liki Pinangawan Muaralaboh, Kabupaten Solok selatan, Sumatera barat. 

Wilayah kerja pertambangan yang ada di solok selatan ini berdiri sejak 1 Juli 2008 menurut artikel yang saya baca , “PT supreme energy didirikan oleh bapak supramu santosa,” ucap Priyandaru.

Supreme Energi telah melakukan program eksplorasi sejak 2010 dan telah menyelesaikan survey topografi, airborne dan studi teknik sipil untuk pengeboran eksplorasi yang dimulai setelah penandatanganan PPA antara supreme energy dan PLN dan pada hari yang sama kementrian keuangan republik Indonesia menerbitkan surat jaminan pemerintah untuk proyek supreme energi di muara laboh.

PT ini beroperasi untuk melakukan pemasokan aliran listrik dimana aliran listrik tersebut akan dipasok kejaringan listrik sumatera barat milik PT PLN kurang lebih untuk tiga ratus empat puluh ribu rumah di sumatera barat.

Peresmian pengoperasian PLTP muaralabuh secara komersial ini dihadiri oleh banyak pihak seperti Gubernuur sumatera barat,buapati sumatera barat PT PLN dan pihak pihak penting lainnya. 

“Kami sangat menghargai dukungan pemerintah , masyarakat solok selatan dan PLN khusunya selama kegiatan eksplorasi dan pengembangan," kata supramu santosa usai persemian.

Awalnya PT supreme energy melakukan pengeboran eksplorasi yang meliputi 6 sumur  dan barulah dilakukan evaluasi data dan perhitungan cadangan dilakukan yaitu pada tahun 2014, lalu barulah supreme energy focus kepada pembangunan gedung.

Setelah melalui tahap perizinan ,evaluasi dan lain lain barulah dilanjutkan pada pembangunan tahap 2 dimana akan dimulai setelah amandmen PPA selesai.

Pada pembangunan tahap 2 diharapkan mulai 2022 pembangunan tersebut terpasang sekitar 75MW dan menurut bapak supramu menyebut pihaknya akan mendukung pemerintah Indonesia untuk mencapai sasaran bauran energy tahun 2025.

PT supreme memberikan dampak positif bagi masyarakat dimana pt supreme muaralabuh tersebut dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan dapat mengurangi angka pengangguran di solok selatan khususnya untuk para putra putri daerah di muara labuh. 

“ Sejak pendirian PT supreme energy ini sudah banyak dampak positif yang saya rasakan,” ungkap Vira yang merupakan salah satu  warga di muaralabuh. 

Dampak positif itu salah satunya yaitu menurunnya nagka penganggutan dimana pemuda disana bisa mengisi lapangan pekerjaan yang di sediakan oleh PT Supreme Energy lalu vira mengungkapkan “Bahkan PT supreme energy baru baru ini sudah mulai mendirikan tiang listrik di daerah terdekat ” ucap vira.

Inilah penampakan PT supreme energy dari atas,sunnguh indah dan asri “ disini merupakan sumber energy yang asri,ga hanya itu disini juga banyak spot foto looh” . 

Pada saat pengeboran sumur agak ada kebisingan yang di akibatkan oleh alat dan getaran tanah pada saat pengeboran tersebut “ tapi tidak apa apa,semoga dengan berdirinya PT supreme ini bisa menimbulkan progress yang baik bagi solok selatan kedepannya,dan terpenting bisa menyediakan sumber energy yang baik bagi masyarakat solok selatan,” harap vira.

*Penulis: Jesica, Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Andalas
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »