Advertorial

Daerah

Survei Capres LSP: Prabowo Teratas, Disusul Ganjar dan Anies

          Survei Capres LSP: Prabowo Teratas, Disusul Ganjar dan Anies
Survei Capres LSP: Prabowo Teratas, Disusul Ganjar dan Anies
BENTENGSUMBAR.COM - Lingkaran Suara Publik (LSP) merilis hasil survei yang menunjukkan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto memiliki elektabilitas tertinggi sebagai calon presiden dengan perolehan 31,8 persen.

Sementara itu, posisi kedua dan ketiga ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Survei ini menegaskan elektabilitas Prabowo masih berada di posisi teratas dengan perolehan 31,8 persen, disusul Ganjar 20,4 persen, Anies 11,7 persen," kata Direktur Riset dan Kajian LSP, Indra Nuryadin, Sabtu (15/10).

Posisi nomor empat ditempati Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas 10,5 persen.

Lalu ada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan 7,2 persen, Ketua DPR RI Puan Maharani 2,9 persen dan Menparekraf Sandiaga Uno dengan 2,1 persen.

Menariknya, dalam pertanyaan tertutup yang lain, LSP menanyakan pertanyaan serupa dengan tidak menyertakan satu nama, seperti tanpa Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo atau Sandiaga Uno.

Namun, hal itu tidak dilakukan LSP terhadap nama Prabowo Subianto. Oleh sebab itu, nama Prabowo tetap berada di puncak di sejumlah simulasi tersebut.

"Hasilnya masih menempatkan Prabowo sebagai pemuncak elektabilitas," kata Indra.

Dari hasil simulasi itu, ia mengungkapkan terjadi pergeseran pemilih dalam simulasi yang tidak menyertakan Sandiaga Uno meskipun tidak signifikan.

Elektabilitas Prabowo bertambah 0,5 persen, Ganjar bertambah 0,3 persen dan Anies bertambah 0,1 persen dibandingkan perolehan elektabilitas pertanyaan sebelumnya.

Kemudian pada simulasi yang tidak memasukkan Ganjar; pergeseran pemilih kembali terjadi. Elektabilitas Prabowo meningkat 3,9 persen, sementara Ridwan Kamil naik ke posisi kedua bertambah 1,1 persen.

Indra menyampaikan limpahan dari Ganjar kemungkinan paling banyak diperoleh oleh Puan Maharani di mana ada lonjakan sebesar 4,6 persen dari 2,9 persen menjadi 7,5 persen.

"Masih ada pemilih Ganjar yang memilih calon lainnya dan ada 12 persen yang belum menentukan pilihannya," katanya.

Kemudian pada simulasi yang tidak memasukkan Anies, pergeseran kembali terjadi. Elektabilitas Prabowo bertambah 2,8 persen, Ganjar bertambah 0,2 persen dan Ridwan Kamil bertambah 1,9 persen dari elektabilitas yang menyertakan semua calon.

"Singkatnya simulasi ini menunjukkan pergeseran elektabilitas dari Ganjar dan Anies ini juga menunjukkan bahwa Prabowo dapat diterima baik dari pemilih Ganjar maupun pemilih Anies," kata dia.

"Simulasi ini juga menemukan bahwa pemilih Ganjar juga cukup banyak beralih ke Puan bila Ganjar tidak dimasukkan dalam pertanyaan," ucapnya menambahkan.

Survei LSP ini dilakukan pada 1-10 Oktober di 34 provinsi seluruh Indonesia. Populasi survei adalah seluruh warga negara Indonesia minimal berusia 17 tahun atau sudah pernah menikah.

Jumlah sampel sebanyak 1.230. Margin of error sekitar 2,8 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »