Advertorial

Daerah

Wako Pariaman Mengajar Santai Mahasiswa S2 FIS UNP

          Wako Pariaman Mengajar Santai Mahasiswa S2 FIS UNP
Wako Pariaman Mengajar Santai Mahasiswa S2 FIS UNP
BENTENGSUMBAR.COM - Sungguh luar biasa Wali Kota Pariaman Genius Umar, disamping kesibukannya mengurus pemerintahan dan masyarakat Kota Pariaman, sebagai dosen menyempatkan diri memberikan ilmu kepada mahasiswa Prodi Magister Administrasi Publik FIS UNP.

Bertempat di ruang kerjanya Kamis (27/10), Genius Umar  didampingi Lia Lestari Kabag Organisasi Kota Pariaman, dengan gaya santainya berbagi ilmu kepada enam orang mahasiswa yang langsung datang ke Kota Pariaman untuk melakukan belajar tatap muka dengan Genius Umar. Karena selama ini mereka belajar melalui zoom meeting.

Genius Umar tidak ingin ketika mengajar mahasiswa dalam kondisi takut dan tegang, sehingga ilmu yang diberikan tidak dapat diterima dengan baik, tapi Genius ingin disaat  mengajar dalam kondisi santai tapi serius dalam menyerap ilmu yang disampaikan.

Genius Umar,  mengajar tentang "Public Services Problematics and Solutions", dan menyampaikan bagaimana pelayanan publik yang berjalan di Kota Pariaman terlaksana dengan baik, sehingga memudahkan masyarakat dalam berurusan.

“Pemko Pariaman terus meningkatkan pelayanan publik terhadap masyarakat, karena pelayanan publik terhadap masyarakat, menjadi tanggungjawab pemerintah. Kita tidak ingin dalam pelayanan publik banyak mengalami hambatan terutama dalam kualitas pelayanan,” ujarnya

Genius juga menuturkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik, harus dapat dirasakan oleh masyarakat. 

Apalagi saat ini Pemko Pariaman sudah mendirikan Mal Pelayanan Publik (MPP), dimana dalam satu lokasi, masyarakat dapat melakukan pengurusan dan perizinan dalam berbagai hal, ungkapnya.

“Peningkatan pelayanan publik, sebagai salah satu reformasi birokrasi yang ditekankan oleh Kemen PAN RB, memerlukan  komitmen yang kuat dari top leader (pimpinan daerah). Komintmen ini harus dijalankan oleh semua stakeholder yang terlibat, sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” tukasnya.

Selain memberikan materi tentang apa itu pelayanan publik seperti apa azas penyelenggaraan pelayanan publik, fenomena dan isu pelayanan publik yang sedang berkembang saat ini serta solusi dan strategi pelayanan publik, Genius juga melakukan diskusi dan memberikan praktek dengan turun langsung ke lapangan, untuk melihat seperti apa pelayanan publik yang ada di Kota Pariaman.

“Salah satu fungsi pemerintah adalah menyelenggarakan kegiatan pembangunan dan pelayanan sebagai bentuk dari tugas umum pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya

Menurut Winda, salah seorang mahasiswa prodi mengatakan, sangat suka  dengan gaya dan cara mengajar Genius Umar yang terkesan santai dalam mengajar, tapi apa yang beliau  ajarkan langsung bisa dipahami mahasiswa.

Enam mahasiswa yang datang tersebut  dari berbagai daerah di Sumatera Barat seperti, Putri Armawinda, S.STP dari Kabupaten 50 Kota, Ikhsani Novella, S.STP dari Tanah Datar, Afdilla dari Kota Pariaman, Buang Waluyo dari Solok Selatan, Zikra Putri Irmalinda dan Nindi Riyan Gustin dari Tanah Datar. (chi/at)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »