Advertorial

Daerah

Walau Suara dan Kinerja Diadukan, Ganjar Pranowo Tetap Mengalahkan Anies Baswedan

          Walau Suara dan Kinerja Diadukan, Ganjar Pranowo Tetap Mengalahkan Anies Baswedan
Walau Suara dan Kinerja Diadukan, Ganjar Pranowo Tetap Mengalahkan Anies Baswedan
BENTENGSUMBAR.COM - Survei Nasional Populi Center menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo masih mendudukan puncak klasemen dalam eletabilitas di Pilpres 2024.

Dirinya menjadi tokoh paling diharapkan menjadi calon presiden, mengalahkan Prabowo dan Anies Baswedan.

Dirinya unggul dengan angka 27,5 persen, cukup sengit bersaing dengan mantan menteri pendidikan dengan angka 26,3 persen.

Sementara Prabowo sendiri memiliki angka harapan dari masyarakat sebesar 23,5 persen.

"Untuk pertanyaan siapa tokoh yang diharapkan untuk menjadi presiden, dari beberapa nama itu kita melihat bahwa tiga nama yang moncer selalu baik di Maret, di Juli atau Oktober ada nama Ganjar Pranowo, ada Prabowo dan Pak Anies," ujar peneliti senior Populi Center, Usep S. Ahyar dalam rilis Survei Nasional bertajuk "Evaluasi Tiga Tahun Kinerja Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin dan Dinamika Politik Menjelang Pemilu Tahun 2024" secara virtual, Rabu (26/10/2022).

Usep mengatakan, dari masing-masing nama itu menempati posisi yang saling bertukar. Ini karena angka elektabilitas tiga calon itu tidak berbeda jauh rentangnya. 

Tingkat elektabilitas ketiga capres ini yakni Ganjar Pranowo unggul dengan 29,7 persen, disusul Anies Baswedan 29,2 persen, dan Prabowo Subianto 27,6 persen.

"Satu sama lain mungkin akan bisa saling mengalahkan satu sama lain tergantung strateginya, termasuk dalam memilih wakilnya yang akan menjadi pembeda di antara ketiganya," ujarnya.

Usep mengatakan, munculnya selalu ketiga nama ini juga relevan dengan penilaian kinerja tiga tokoh di jabatannya masing-masing. 

Yakni Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah mendapat angka 69,1 persen, Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan 76,1 persen paling tinggi dan dan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta mendapat 70,9 persen.

"Ini juga saya kira relevan atau konsisten dengan penilaian masyarakat terhadap kinerja tiga tokoh  di masing-masing jabatan. Diantara tiga tokoh itu kinerjanya dinilai baik oleh masyarakat," ujar Usep.

Sedangkan nama lain yang disebut juga diharapkan menjadi capres antara lain Jenderal Andika Perkasa 5,3 persen, Puan Maharani 2,8 persen, dan Airlangga Hartarto 1,3 persen. 

Untuk tingkat elektabilitas calon wakil presiden (cawapres) dengan pertanyaan semi terbuka ada nama Ridwan Kamil mendapat dukungan paling tinggi dengan 17,1 persen, kemudian disusul oleh Sandiaga Salahuddin Uno 15,8 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 12,3 persen, Jenderal Andika Perkasa 8,3 persen, Erick Thohir 7,8 persen, dan Khofifah Indar Parawansa 7,3 persen.

Survei dilakukan pada periode 9 hingga 17 Oktober 2022 dengan 1.200 responden menggunakan metode random sampling. Tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error 2,83 persen.

Sumber: Wartaekonomi
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »