685 Ikan Cupang Dari 5 Negara Ikuti West Sumatera Internasional Betta Festival 2022 di Padang

BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, membuka West Sumatera Internasional Betta Festival (WSIBF) 2022 di Gedung Himpunan Tjinta Teman (HTT), Padang, Minggu (5/11/22). Event ini merupakan ajang kontes ikan cupang berskala internasional yang diselenggarakan oleh Betta of Sumatera Society (BOSS).

Tak main-main, kontes ini diikuti 685 Ikan Cupang dari Taiwan, Filipina, Singapura, Malaysia, dan berbagai provinsi di Indonesia. Ratusan ikan hias mini ini kemudian dilombakan dalam 10 kategori kontes, dan dinilai oleh 10 juri dari Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Jepang dan Indonesia.

Disampaikan Wagub Sumbar, meski berukuran kecil, potensi ekonomi Ikan Cupang tak bisa dianggap remeh. Bersama Ikan hias lainnya, Ikan Cupang atau Betta ini ternyata menjadi penyumbang 20 persen ekspor perikanan non-konsumsi di Sumatera Barat. "Kontes ini luar biasa, bisa mengundang banyak tamu datang untuk jalan-jalan ke Sumatera Barat. 20 persen ekspor perikanan Sumbar juga dari Ikan hias," Wagub mengungkapkan.

Wagub, juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya kontes ikan cupang berskala internasional tersebut. Ia berharap para penggemar dan pelaku usaha ikan hias mini ini, dapat kembali menggelar event serupa dengan skala semakin besar di tahun-tahun mendatang. 

"Kita apresiasi sekali penyelenggaraan kontes ini. Nanti kita akan duduk bareng membicarakan bagaimana pemerintah bisa mensupport grand design perikanan hias di Sumatera Barat ini," lanjutnya.

Sementara itu Jiko HTT, Albert Hendra Lukman mengatakan, pihaknya sangat mensupport kegiatan ini karena sangat mendukung RPJMD Sumatera Barat. Khususnya dalam mengangkat potensi pariwisata dan perikanan. Apalagi dalam mendukung Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023 nanti, menurutnya Festival Ikan Cupang juga bisa menjadi salah satu pilihan atraksi pariwisata di Sumbar. 

"Ikan Cupang ini dikembangkan dengan kreativitas sehingga bisa bernilai. Oleh karena itu, patut kita apresiasi para penggagas dan pegiat Ikan Cupang ini," ujar Albert.

Diketahui melalui WSIBF 2022, Kota Padang sudah menjadi tuan rumah bagi kontes Ikan Cupang untuk ketiga kalinya. Selain itu, event ini juga merupakan kontes Ikan hias pertama yang kembali dilaksanakan paska pandemi Covid-19 di Sumatera Barat. (MC Prov Sumbar)

#Dinas Kominfotik Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »