Dipimpin Wako Hendri Septa, Damkar Kota Padang Gelar Apel Gabungan Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran di Balai Kota Padang

BENTENGSUMBAR.COM - Wali Kota Padang Hendri Septa memberikan penghargaan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pasukan 'Fire Fighter' Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang yang tanpa lelah selalu siaga memberikan perlindungan bagi warga Kota Padang.

Sebagai insan kebencanaan, pasukan pemadam kebakaran memiliki peran penting dan sangat mulia.

Kehadirannya pun begitu diharapkan masyarakat yang sedang mengalami musibah kebakaran atau pun musibah non kebakaran lainnya. 

Hal itu disampaikan Wali Kota Hendri Septa sewaktu memimpin Apel Gabungan Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran dan Bencana Non Kebakaran yang digelar Dinas Damkar Kota Padang di halaman loby Kantor Balai Kota Padang Aie Pacah, Jumat (11/11/2022) sore.

Dalam momen itu, sejumlah personil Damkar Kota Padang terlihat memperagakan aksi simulasi operasi penanggulangan kebakaran serta proses evakuasi gedung Kantor Balai Kota Padang yang diumpakan sedang tertimpa kebakaran hebat.

Tak sampai di situ, pasukan Damkar juga melakukan simulasi penanganan pengamanan ular yang dapat membahayakan keselamatan jiwa masyarakat.

Terlihat hadir di kesempatan itu unsur Forkopimda Kota Padang, Sekda Kota Padang Andree Algamar bersama Kepala Dinas Damkar Budi Payan dan sejumlah kepala OPD di lingkup Pemko Padang. 

Selain personil Damkar, Apel Gabungan juga diikuti puluhan personil BPBD, Sat Pol PP dan insan kebencanaan lainnya. 

Selanjutnya Wako Hendri tak lupa memberikan apresiasi atas digelarnya kegiatan Apel Gabungan Kesiapsiagaan Bencana Kebakaran dan Bencana Non Kebakaran kali ini.

Diketahui, kegiatan tersebut bertujuan untuk menampilkan kesiapsiagaan personil Damkar Kota Padang dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

"Kegiatan ini juga masih dalam semangat peringatan Hari Pahlawan. Alhamdulillah, kita baru saja menyaksikan aksi dari pasukan Dinas Damkar Kota Padang yang melakukan simulasi penanggulangan kebakaran dan non kebakaran. Mereka mampu melihatkan kesiapsiagaan, kecekatan dan semua tindakan pemadaman kebakaran dan non kebakaran sesuai standar operasional prosedur (SOP). Semuanya terlihat sangat baik," ujar Wali Kota yang mengenakan seragam Pakaian Dinas Upacara (PDU) Damkar saat itu.

"Kita tentu berharap Dinas Damkar Kota Padang selalu profesional dan meningkatkan etos kerja sekaligus terus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait proteksi terhadap bencana kebakaran melalui tindakan-tindakan preventif. Semoga dengan upaya itu bencana kebakaran yang dapat menimbulkan kerugian harta dan jiwa di Kota Padang dapat ditekan seminimal mungkin. Kapan perlu tidak terjadi," pungkas Wako seraya meninjau kelengkapan peralatan pemadaman kebakaran dan juga mencoba membawa langsung mobil pemadam kebakaran yang dinamai "Si Jago Merah".

Dalam kesempatan itu Wali Kota Padang juga turut menyerahkan piagam penghargaan atas aksi luar biasa dan paling humanis kepada sejumlah personil Damkar Kota Padang yang telah melakukan aksi penyelamatan anak yang terjepit di dalam mesin cuci. (Dv/Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »