Gubernur Sumbar Pimpin Upacara Peringatan HKN ke-58, Instruksikan Pemerataan Layanan Kesehatan Hingga ke Jorong

BENTENGSUMBAR.COM - Dalam upaya peningkatan pelayanan kesehatan yang merata di Sumatera Barat (Sumbar), Dinas Kesehatan diinstruksikan untuk mengoptimalkan seluruh potensi tenaga kesehatan yang ada, bersama seluruh elemen masyarakat sehingga pelayanan kesehatan merata hingga ke nagari dan jorong di Sumbar.

Instruksi itu disampaikan Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi dalam amanatnya saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Lapangan Imam Bonjol, Padang, Senin (14/11/2022). "Pemerataan layanan kesehatan ini intruksi Presiden RI dan Menteri Kesehatan RI dalam rangka mempersiapkan generasi berkualitas pada saat Indonesia Emas 2045 nanti. Maka kita di Sumatera Barat harus pastikan ini sampai tingkat nagari dan jorong," kata gubernur.

Selain potensi tenaga kesehatan, potensi lainnya lanjut gubernur adalah perguruan tinggi. Diantaranya seperti pengerahan mahasiswa KKN ke nagari dan jorong. Termasuk potensi rumah sakit melalui pembinaan serta potensi rantau.

Selain itu, gubernur menghimbau agar tenaga kesehatan diharapkan juga bisa bertahan di tingkat nagari, dan tidak pindah ke kota. Sebab tenaga kesehatan sangat diharapkan kehadirannya di pelosok. "Mari bertekad, azamkan dalam setiap diri, seluruh jajaran Pemprov Sumbar untuk memberikan yang terbaik dari Sumbar ini bagi NKRI," tegas gubernur, disambut kata 'siap' serempak oleh peserta upacara.

Dalam upacara peringatan HKN ke-58 dengan tema "Bangkit lndonesiaku, Sehat Negeriku" itu gubernur juga membacakan amanat Menteri Kesehatan RI.

Dalam amanatnya, Menkes berharap semua insan kesehatan agar terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih & sehat, di antaranya melalui konsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan aktifitas fisik setiap hari, dan mencucitangan dengan sabun. Selanjutnya terus mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

Usai upacara, gubernur menyerahkan penghargaan kepada insan kesehatan  berprestasi di daerah dan nasional.(doa/vyu/MMC)

#Dinas Kominfotik Sumbar

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »