Advertorial

Daerah

Kabar Masyarakat Aceh di Turki setelah Terjadi Ledakan Bom di Istanbul

          Kabar Masyarakat Aceh di Turki setelah Terjadi Ledakan Bom di Istanbul
Kabar Masyarakat Aceh di Turki setelah Terjadi Ledakan Bom di Istanbul
BENTENGSUMBAR.COM -  Pengurus Ikatan Masyarakat Aceh Turki (IKAMAT) terus mengikuti perkembangan terkini Turki khususnya Istanbul pasca terjadi ledakan bom di Jalan Istiklal Taksim, Istanbul, Minggu (13/11/2022). 

Dalam pers rilis yang diterima Serambinews.com, Senin (14/11/2022), Sekjen IKAMAT Zahraturrahmi menyampaikan masyarakat Aceh di Istanbul dalam kondisi sehat dan aman. 

“Alhamdulillah masyarakat Aceh di Istanbul tidak ada yang menjadi korban pada ledakan tersebut. Kita dalam kondisi selamat dan aman. Kita terus intens berbagi informasi melalui grup WA baik itu menanyakan kabar warga kita dan juga mengupdate isu isu terkini," katanya. 

Pengurus IKAMAT merincikan bahwa ledakan bom terjadi pada hari Minggu (13/11/2022) pukul 16:20 waktu Turki di jalan Istiklal Taksim di distrik Beyoğlu Istanbul.

Pada saat kejadian berlangsung, warga yang berada di Distrik Beyoğlu dalam kondisi panik sebab suara ledakan terdengar cukup keras.

Selang beberapa menit setelah ledakan, pemerintah mengambil sikap dengan mengarahkan polisi, petugas pemadam dan tim medis untuk datang ke lokasi kejadian.

Tim keamanan, Kejaksaan dan semua unit peradilan Turki juga hadir dilokasi kejadian untuk melakukan investigasi TKP.

Wakil Presiden Turkiye Fuat Oktay mengumumkan bahwa ada 6 orang yg meninggal dunia, 2 orang dalam kondisi kritis dan 81 orang terluka akibat kejadian tersebut.

Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya menyatakan bahwa saat ini 50 orang telah selesai menjalani perawatan dan bisa kembali ke rumah masing masing, sementara 31 orang yang terluka masih dalam perawatan di rumah sakit. Identitas 6 korban yang meninggal dunia adalah warga Turki.

Wakil Presiden Turkiye Fuat Oktay, Menteri Dalam Negeri Turki Süleyman Soylu, Gubernur Yerlikaya dan Kepala Jaksa Penuntut Umum Istanbul mengunjungi para korban yang terluka di rumah sakit Taksim.

Investigasi juga telah diluncurkan mengenai berita dan postingan negative dimedia sosial terkait kejadian penyerangan bom tersebut.

Menteri Dalam Negeri Turkiye Süleyman Soylu mengatakan bahwa orang yg melakukan penyerangan bom telah ditangkap oleh Tim Antiteror Kepolisian Istanbul. 

Yaitu seorang wanita warga negara Suriah bernama Ahlam Albashir, anggota organisasi teroris PKK.

Kronologi kejadian bermula dari dalam rekaman yg terlihat dari kamera keamanan, bahwa pada minggu pukul 16.13 seorang wanita meninggalkan tasnya di bangku yang berada di jalan Istiklal Taksim.

Kemudian wanita itu pergi berjalan dengan cepat setelah meninggalkan tasnya disana.

Beberapa menit kemudian terjadilah ledakan bom dilokasi itu. Pemerintah Turki juga telah mempublikasi wajah dari tersangka wanita tersebut yg saat ini telah ditahan oleh pihak kepolisian Istanbul.

Kondisi sekarang, pertama tim investigasi TKP telah menyelesaikan investigasi di lokasi kejadian dan juga penguatan keamanan ekstensif terus dilakukan di wilayah strategis di Istanbul. khususnya Jalan Istiklal yang merupakan salah satu tempat ramai akan wisatawaan.

Kedua, bangku bangku di jalan Istiklal Taksim telah dibongkar dan dipindahkan oleh pemerintah kota Istanbul dan yang terakhir penertiban dan pembersihan lokasi kejadian.

Berkat gerak cepat pemerintah dalam menangani kasus ini dan dukungan masyarakat Turki, Taksim Square dan Jalan Taksim sudah dibuka kembali untuk lalu lintas pejalan kaki dan kendaraan.

Walaupun demikian, pengurus IKAMAT menganjurkan warga Indonesia agar terus berhati-hati dan sebisa mungkin untuk menjauh/berkegiatan dia kerumunan ramai khususnya jalan Taksim untuk beberapa Minggu ini.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »