Advertorial

Daerah

Pemko dan BWS Sumatera V Sepakat Tingkatkan Kualitas Sungai Batang Arau

          Pemko dan BWS Sumatera V Sepakat Tingkatkan Kualitas Sungai Batang Arau
Pemko dan BWS Sumatera V Sepakat Tingkatkan Kualitas Sungai Batang Arau
BENTENGSUMBAR.COM - Wali Kota Padang Hendri Septa dan jajaran melakukan rapat bersama pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera V membahas tentang upaya peningkatan kualitas Sungai Batang Arau. 

Rapat tersebut dilangsungkan di Kantor BWS Sumatera V, Rabu (9/11/2022) dengan dihadiri langsung Kepala BWS Sumatera V Dian Kamila beserta jajaran.

Di kesempatan itu Wali Kota Hendri Septa memaparkan konsep terkait upaya yang telah dan akan dilakukan pihaknya dalam rangka peningkatan kualitas Sungai Batang Arau.

"Sungai Batang Arau merupakan satu dari lima sungai besar yang ada di Kota Padang. Aliran sungai ini menghubungkan beberapa kecamatan dan dimana di hilirnya terhubung langsung dengan Pantai Padang. Kita berharap, semoga dalam waktu dekat bisa mengembalikan potensi sungai ini sebagai objek wisata," ungkap Wako.

Wako Hendri mengakui dalam menjadikan Batang Arau sebagai salah satu objek wisata memang tidaklah mudah. 

Hal itu dikarenakan berbagai hal, salah satunya disebabkan kualitas air sungai masih terlihat tercemar akibat masih adanya masyarakat yang membuang sampah dari hulu serta limbah rumah tangga dan limbah lainnya yang masih masuk ke sungai tersebut. 

"Selain itu masih terdapatnya endapan dan bangkai kapal di belantaran sungai ini juga menjadi masalah," tuturnya.

Lebih lanjut dalam meningkatkan kualitas Sungai Batang Arau, orang nomor satu di Kota Padang membeberkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya.

Mulai dari mengedukasi masyarakat yang berdomisili di sepanjang aliran sungai, termasuk secara rutin melakukan gotong-royong yang juga didukung berbagai pihak dan elemen masyarakat.

"Selain itu kita juga telah memasang jaring pengaman sampah di dua titik di Sungai Batang Arau ini. Gunanya untuk menjaga sampah dari masyarakat masuk ke sungai dan sebaliknya.," bebernya.

"Alhamdulillah hari ini kita bersama BWS Sumatera V duduk bersama membahas apa upaya dan langkah yang mesti disiapkan ke depan. Salah satunya terkait rencana melakukan pengerukan sedimen yang ada di dasar sungai ini ke depan. Semoga upaya itu dapat terwujud disertai berbagai langkah konkrit lainnya. Ini semua demi mengembalikan potensi wisata Sungai Batang Arau sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Padang," pungkas Wako mengakhiri.

Sementara itu Kepala BWS Sumatera V Dian Kamila setelah mendengarkan pemaparan Wali Kota Padang menyampaikan bahwa pihaknya sangat menyambut baik dan siap bersinergi dalam mengupayakan peningkatan kualitas Sungai Batang Arau ke depan.

"Kami dari BWS Sumatera V siap bersinergi dan sepakat melakukan upaya menjadikan Sungai Batang Arau ini sebagai sungai yang bersih, asri dan indah. Kita juga siap menyiapkan kendaraan alat berat yang kita punya untuk melakukan pengerukan sedimen di sungai tersebut nantinya," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu hadir mendampingi Wali Kota Padang diantaranya Kepala DLH Kota Padang Mairizon, Kabag Prokopim Amrizal Rengganis serta Mr Michell Rohman, tenaga ahli dari GIZ-Jerman yang tengah berada di Padang mendukung program Waste Management of Batang Arau River (pengelolaan limbah Sungai Batang Arau). (Ady/Dv/Prokopim Pdg)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »