Advertorial

Daerah

Pentingnya Aplikasi KPI untuk Penilaian Kinerja Perusahaan

          Pentingnya Aplikasi KPI untuk Penilaian Kinerja Perusahaan
Pentingnya Aplikasi KPI untuk Penilaian Kinerja Perusahaan
BENTENGSUMBAR.COM - Perkembangan dan kemajuan perusahaan adalah impian dari setiap pebisnis. Untuk memantau perkembangan tersebut, biasanya perusahaan menggunakan sistem target dan penilaian kinerja yang disebut dengan key performance indicator atau KPI.

Kini, perusahaan dapat mengelola key performance indicator dengan menggunakan aplikasi KPI. Penggunaan aplikasi bisa memudahkan perusahaan dalam membuat, mengelola, dan memantau KPI.

Secara keseluruhan, aplikasi KPI memang memberi keuntungan bagi perusahaan, terutama dalam penilaian kinerja. Berikut ini adalah ulasan yang akan memberi tahu Anda keuntungan menggunakan aplikasi KPI. Silakan menyimaknya dengan baik!

Apa itu Aplikasi KPI?

Aplikasi KPI adalah teknologi yang digunakan untuk membuat, mengelola, dan menganalisis key performance indicator atau KPI. Perusahaan yang menggunakan aplikasi ini dapat memasukkan informasi target KPI karyawan lalu membuat laporannya secara otomatis di akhir periode. Laporan tersebut dapat digunakan untuk penentu dalam mengambil keputusan strategis.

Dengan adanya aplikasi KPI, perusahaan bisa memantau ketercapaian setiap karyawan terhadap KPI. Perusahaan pun bisa mengetahui seberapa jauh kinerja karyawan dalam mencapai tujuan perusahaan.

Pentingnya Aplikasi KPI untuk Perusahaan

Aplikasi KPI merupakan teknologi penting yang harus digunakan oleh setiap perusahaan. Dengan adanya aplikasi KPI, perusahaan akan mendapat kemudahan dalam mengelola key performance indicator.

Seperti apa bentuk keuntungan yang bisa diterima perusahaan jika menggunakan aplikasi KPI? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Dapat Mengukur Hasil Kerja Karyawan

Aplikasi KPI membuat perusahaan dapat mengukur hasil kerja karyawannya dengan optimal. Berkat aplikasi ini, perusahaan bisa mengetahui keberhasilan atau kegagalan karyawan dalam melakukan tugasnya.

Dari hasil penilaian kinerja tersebut, perusahaan pun bisa menggunakan informasi yang dihasilkan sebagai bahan evaluasi. 

2. Dapat Membuat Laporan Secara Otomatis

Semua keputusan bisnis yang dihasilkan oleh perusahaan harus dibuat berdasarkan informasi yang valid. Strategi untuk menghasilkan keputusan bisnis yang seperti itu adalah dengan menggunakan laporan hasil penilaian kinerja.

Lewat aplikasi KPI, perusahaan bisa membuat laporan kinerja secara otomatis. Laporan yang berisi kondisi dan hasil kinerja karyawan tersebut pun dapat digunakan untuk membuat keputusan strategis yang berkaitan dengan sumber daya manusia.

3. Dapat Menetapkan Tujuan Bisnis

Perusahaan yang ingin berkembang perlu menetapkan tujuan bisnis. Namun, sering kali pengelolaan tujuan bisnis ini sulit dilakukan. Alasannya karena tujuan bisnis hanya bisa tercapai apabila seluruh divisi berintegrasi untuk bekerja sama mencapai tujuan.

Namun dengan aplikasi KPI, tujuan bisnis bisa ditetapkan dan dikelola dengan mudah. Adanya key performance indicator akan memecah tujuan bisnis menjadi target-target yang bisa dipahami dan bisa dicapai karyawan.

4. Dapat Membantu Menemukan Masalah

Perusahaan bisa menggunakan KPI untuk mengidentifikasi masalah dalam kegiatan operasional bisnis. Misalnya masalah produktivitas, engagement perusahaan dengan karyawan, dan hubungan antarkaryawan.

Ketika ada KPI yang tidak tercapai, perusahaan bisa mengetahui adanya masalah. Jika menggunakan aplikasi KPI, masalah tersebut bisa diketahui dengan cepat. Perusahaan pun bisa segera mengambil tindakan.

5. Dapat Menghemat Biaya

Aplikasi KPI dapat menghemat biaya perusahaan. Hal ini bisa terjadi karena KPI mampu mendeteksi aktivitas pekerjaan yang tidak memberikan benefit berupa profit. Jika KPI tidak tercapai dan tidak menghasilkan benefit, perusahaan bisa dengan mudah menghentikan project yang berkaitan dengan KPI tersebut.

Selain itu, aplikasi KPI juga lebih murah karena perusahaan hanya mengeluarkan biaya sebanyak satu kali untuk mendapatkan fitur-fitur pengelolaan KPI. Aplikasi ini bisa mempercepat pengelolaan KPI, sehingga perusahaan bisa menggunakan waktu yang ada untuk mengurusi hal lain yang lebih penting.

Itulah dia ulasan mengenai pentingnya aplikasi KPI yang bisa diperoleh perusahaan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda ingin menerapkan aplikasi KPI di perusahaan, Anda bisa menggunakan aplikasi HRIS LinovHR. Aplikasi ini memiliki modul Performance Management yang salah satu fiturnya adalah Goals & KPI. Dengan menggunakan fitur tersebut, Anda bisa membuat, memantau, dan mengelola KPI dengan mudah.

Keuntungan aplikasi KPI bisa perusahaan Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi HRIS LinovHR. Oleh karena itu, segera gunakan aplikasinya sekarang!

(Adv)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »