SUMBAR

Percuma Anies Baswedan Gencar Safari Politik ke Sejumlah Daerah, Elektabilitasnya Masih Gak Mampu Saingi Ganjar Pranowo

          Percuma Anies Baswedan Gencar Safari Politik ke Sejumlah Daerah, Elektabilitasnya Masih Gak Mampu Saingi Ganjar Pranowo
Percuma Anies Baswedan Gencar Safari Politik ke Sejumlah Daerah, Elektabilitasnya Masih Gak Mampu Saingi Ganjar Pranowo
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Bakal calon presiden Partai NasDem Anies Baswedan gagal mengerek elektabilitasnya usai dirinya lengser dari jabatan Gubernur DKI Jakarta pada 16 Oktober 2022 lalu. 

Padahal, Anies sudah berupaya dengan menggencarkan safari politik ke sejumlah daerah.

Dalam sebulan terakhir, Anies tercatat sudah mengunjungi warga di beberapa daerah seperti ke Kota Medan di Sumatera Utara, Yogyakarta, Solo di Jawa Tengah, hingga Palu di Sulawesi Tengah. Namun, upayanya itu tak kunjung berbuah manis.

Sebagaimana hasil jajak pendapat yang dilakukan lembaga survei Charta Politika, elektabilitas Anies Baswedan ternyata belum mampu menyaingi elektabilitas dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam simulasi 10 nama tokoh politik, sosok Ganjar masih menempati posisi teratas sebagai peraih elektabilitas tertinggi sebesar 32,6 persen.

Kemudian, Anies Baswedan berada di posisi kedua dengan elektabilitas 23,1 persen, dan di posisi ketiga ada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebesar 22 persen.

Selanjutnya, ada Ridwan Kamil (5,6 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (3,5 persen), Sandiaga Uno (2 persen), Khofifah Indar Parawansa (1,6 persen), Puan Maharani (1,6 persen), Airlangga Hartarto (1,5 persen), dan Erick Thohir (1,4 persen).

Bukan hanya dalam simulasi 10 nama, Anies Baswedan juga gagal menyaingi Ganjar dalam simulasi tiga nama kandidat yang potensial menjadi calon presiden RI di 2024. 

Ganjar lagi-lagi memiliki elektabilitas yang paling tinggi ketimbang Anies dan Prabowo.

Ganjar berhasil memiliki elektabilitas sebesar 37,4 persen. 

Kemudian, peringkat kedua ada nama Anies Baswedan dengan elektabilitas 29,3 persen dan Prabowo berada di posisi terakhir dengan elektabilitas sebesar 25,3 persen.

Adapun, survei survei Charta Politika ini diikuti oleh 1.220 responden yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia dengan metode multi stage random sampling dan margin of error 2,83 persen. 

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka pada periode waktu 4 November sampai 12 November 2022.

Sumber: Populis
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: