Advertorial

Daerah

Pj. Wako Rida Ananda: LPM Dorong Peningkatan Kualitas SDM

          Pj. Wako Rida Ananda: LPM Dorong Peningkatan Kualitas SDM
Pj. Wako Rida Ananda: LPM Dorong Peningkatan Kualitas SDM
BENTENGSUMBAR.COM - Lomba Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) tingkat Kota Payakumbuh tahun 2022 telah ditabuh, Penjabat (Pj) Walikota Payakumbuh Rida Ananda membuka secara resmi acara yang dilaksanakan di Aula pertemuan Ngalau Indah lantai III Kantor Wali Kota Payakumbuh, Kamis (3/11/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik Herlina, Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Elfriza Zaharman, Staf ahli Walikota bidang kemasyarakatan dan SDM Elvi Jaya, Kepala Bagian (Kabag) Perencanaan dan Anggaran Setdako Hidayatul Rusda, Kabag Pemerintahan Aplimadanar, Kabag Kesra Efrizal , Wakil Ketua DPD LPM Kota Payakumbuh Khairul, Sekretaris DPD LPM Kota Payakumbuh Jhon Rizal, Wakil Sekretaris DPD LPM Kota Payakumbuh Fradilla Zonni, Camat dan Lurah se-Kota Payakumbuh, serta Ketua DPC LPM Kecamatan Se-Kota Payakumbuh.

Dalam sambutannya, Pj. Walikota Rida Ananda yang diwakili Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Dafrul Pasi menyampaikan bahwa kegiatan LPM ini bukan semata-mata untuk evaluasi saja, namun juga sebagai ajang sharing dan diskusi untuk LPM se-Kota Payakumbuh.

"Lomba LPM ini menjadi salah satu upaya untuk menanggapi kondisi terkini dan kasus-kasus kemasyarakatan yang tengah beredar di Kota Payakumbuh," ucap Dafrul.

Diungkapkan Dafrul, tujuan dari dilaksanakannya lomba LPM guna untuk memacu semangat ketua LPM dan pengurusnya untuk menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki serta memperoleh masukan untuk pembenahan di waktu yang akan datang.

"Melalui lomba LPM ini, tentu akan dapat mendorong pemberdayaan masyarakat dan partisipasi masyarakat dalam percepatan pembangunan kota, sehingga dapat terciptanya SDM yang berkualitas dan kota Payakumbuh bisa lebih semakin maju kedepannya," terang Dafrul.

Dafrul juga membeberkan bahwa salah satu tugas pemerintah yang paling sulit ialah pemberdayaan masyarakat dengan anggaran yang terbatas.

"Makanya tugas LPM itu sulit. Bagaimana kita bisa memberdayakan masyarakat dengan kondisi serba terbatas, mulai dari keterbatasan anggaran, sarana prasarana, hingga infrastruktur namun tetap bisa membantu pemerintah kota dalam mendukung berjalannya program pemerintah nasional," tegas Dafrul.

Lebih lanjut, Dafrul menyampaikan bahwa untuk mensukseskan programnya, LPM membutuhkan support dari seluruh OPD di Kota Payakumbuh. Jadi, walaupun bergerak dalam keterbatasan, akan lahir sinergitas karena adanya dukungan tersebut.

"Kami melihat utusan yang hadir pada hari ini adalah utusan yang berkualitas, sehingga yang kita cari saat ini bukan lagi sekedar yang terbaik, namun mencari yang terbaik dari yang terbaik. Selamat berlomba, semoga best of the best LPM Kota Payakumbuh ini dapat mengharumkan nama kota tercinta kita di kancah provinsi maupun nasional," tutup Dafrul.

Sementara itu, Ketua DPD LPM Kota Payakumbuh yang diwakilkan oleh Sekretaris DPD LPM Kota Payakumbuh, Jhon Rizal turut menyampaikan bahwa agenda ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut dari pembahasan mengenai pemberdayaan masyarakat di Kota Payakumbuh dahulu.

"Makanya ada tagline _LPM berkarya, Masyarakat Sejahtera,_ ini harus kita wujudkan bersama-sama. LPM turut menjadi garda terdepan dalam membentuk SDM unggul di Kota Payakumbuh," ujar Jhon.

Setelah menyampaikan ucapan selamat berlomba kepada seluruh LPM yang hadir, Jhon turut menyampaikan harapannya kepada LPM Kota Payakumbuh.

"Semoga semakin sukses dan kompak, kami dari LPM Kota Payakumbuh akan selalu melaksanakan koordinasi dan kolaborasi dengan LPM yang ada di Payakumbuh," tandas Jhon. (Hermiko)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »