Advertorial

Daerah

Soal Kepribadian Ganda, Dikaitkan Wanita Viral Kebaya Merah Rawat Jalan di RSJ

          Soal Kepribadian Ganda, Dikaitkan Wanita Viral Kebaya Merah Rawat Jalan di RSJ
Soal Kepribadian Ganda, Dikaitkan Wanita Viral Kebaya Merah Rawat Jalan di RSJ
BENTENGSUMBAR.COM - Belakangan heboh video syur wanita berkebaya merah di media sosial. Pemeran wanita berkebaya merah tersebut berinisial AH. 

Menurut Direktur Reskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Farman, AH, ia merupakan pasien rawat jalan di RSJ Surabaya.

Firman kemudian menyatakan yang bersangkutan mengidap kepribadian ganda.

"Penyidik siber dari kemarin sudah melakukan pemeriksaan terhadap tersangka dan juga melakukan upaya paksa penggeledahan. Informasi yang kami terima dari penyidik, yang bersangkutan (AH) merupakan seorang yang berkepribadian ganda," jelas Farman yang dikutip dari detikJatim, Jumat (11/11/2022).

"Ini ditunjukkan dari hasilnya penggeledahan di tempat singgah yang bersangkutan (AH). Ditemukan ada kartu kuning, dan beberapa faktur-faktur tanda berobat di salah satu RS kejiwaan yang ada di Surabaya," sambung dia.

Sebenarnya apa sih kepribadian ganda?

Kepribadian ganda dalam istilah medis disebut juga dengan gangguan identitas disosiatif (DID), termasuk kondisi kesehatan mental. 

Ditandai dengan mereka yang memiliki dua kepribadian atau lebih dari itu.

Kepribadian ini membuat mereka berperilaku berbeda di waktu yang berbeda. Setiap identitas memiliki sejarah pribadi, ciri-ciri, suka dan tidak suka. 

DID dapat menyebabkan yang bersangkutan mengalami gangguan dalam memori dan halusinasi, yakni percaya sesuatu itu nyata padahal tidak demikian.

DID adalah salah satu dari beberapa gangguan disosiatif. Gangguan ini mempengaruhi kemampuan seseorang untuk terhubung dengan kenyataan. Gangguan disosiatif lainnya meliputi:

Gangguan depersonalisasi atau derealisasi, yang menyebabkan perasaan mengontrol lebih besar perilaku seseorang.

Amnesia disosiatif, memiliki hambatan dalam mengingat informasi tentang diri sendiri.

Apa Sih Penyebabnya?

Ada beragam faktor di baliknya, termasuk kemungkinan menjadi korban pelecehan seksual atau fisik selama masa kanak-kanak. 

Bisa juga terjadi akibat pengalaman traumatis lainnya seperti bencana alam atau pertengkaran.

Gangguan tersebut merupakan cara seseorang untuk menjauhkan atau melepaskan diri dari trauma.

Gejala

Seseorang dengan kepribadian ganda memiliki identitas 'inti', yakni kepribadian orang yang biasa. Sementara 'Alter' adalah kepribadian lain orang tersebut.

Alter cenderung sangat berbeda satu sama lain. Identitas tersebut mungkin memiliki jenis kelamin, etnis, minat, dan cara berinteraksi yang berbeda dengan lingkungan mereka.

Tanda dan gejala umum lainnya meliputi:

1. Kecemasan
2. Delusi
3. Depresi
4. Disorientasi.

Apakah ada tes?

Tidak ada satu tes pun yang dapat mendiagnosis DID. Penyedia layanan kesehatan akan meninjau gejala dan riwayat kesehatan pribadi seseorang.

Mereka mungkin melakukan tes untuk menyingkirkan penyebab fisik yang mendasari gejala, seperti cedera kepala atau tumor otak.

Sumber:  detikHealth
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »