Sumbar

Tanpa Dukungan Jokowi, Ganjar Tetap Bisa Kalahkan Anies, Ini Penyebabnya

          Tanpa Dukungan Jokowi, Ganjar Tetap Bisa Kalahkan Anies, Ini Penyebabnya
Tanpa Dukungan Jokowi, Ganjar Tetap Bisa Kalahkan Anies, Ini Penyebabnya
Iklan
BENTENGSUMBAR.COM - Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Pangi Syarwi Chaniago menyinggung penyebab Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bisa mengalahkan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Ganjar Pranowo merupakan kandidat capres yang dianggap akan didukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2024, namun bukan karena alasan ini ia akan mampu mengalahkan Anies Baswedan.

Penyebab Ganjar Pranowo bisa mengalahkan Anies Baswedan yaitu berdasarkan temuan dari Voxpol, terkait dengan alasan masyarakat memilihnya sebagai calon presiden.

"Alasan memilih Ganjar itu temuan kita adalah karena perhatian dan dekat dengan rakyat itu ada di angka 31 persen," ucapnya dikutip dari YouTube Tribunnews, Jumat (25/11).

Selanjutnya alasan masyarakat memilih mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yaitu karena memiliki prestasi, dan kinerjanya saat pimpin Ibu Kota terlihat bagus.

"Kalau kemudian kita tanya kepada Anies alasan mereka memilih Anies, starting pointnya itu kekuatannya pada prestasi dan kinerja," ungkap Pangi.

Lalu beralih pada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, ia dinilai memiliki sikap yang tegas, sehingga menurut masyarakat cocok untuk menjadi kepala negara.

"Kemudian kita kejar lagi pada Pak Prabowo itu kepada apa namanya tegas, nah tiga ini sumber kekuatan Mas Ganjar dia menang pada soal pemilih sosiologis," bebernya.

Dibandingkan dengan Anies dan Prabowo, Ganjar lebih mencakup pada pemilih sosiologis, berdasarkan data Voxpol, pemilih tersebut merupakan yang terbesar di Indonesia.

"Karena perhatian dan dekat dengan rakyat itu adalah pemilih sosiologis, nah dari data voxpol terakhir itu pemilih kita terbesar di Indonesia itu adalah pemilih sosiologis, bukan psikologis, bukan rasional," ujarnya.

Sehingga Ganjar Pranowo berpotensi mengalahkan Anies Baswedan di Pilpres 2024, karena basis pemilih rasional berdasarkan prestasi merupakan minoritas.

"Nah kalau memilih berdasarkan basis prestasi itu lebih kepada pemilih rasional, nah itu jumlahnya sangat terbatas sebetulnya," pungkas Pangi.

Sumber: Fajar.co.id
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: