SUMBAR

Alirma Sori, Senator asal Sumbar ingatkan KPID Tingkatkan Pengawasan Isi Siaran, Ini Kata Ficky Tri Saputra

          Alirma Sori, Senator asal Sumbar ingatkan KPID Tingkatkan Pengawasan Isi Siaran, Ini Kata Ficky Tri Saputra
Alirma Sori, Senator asal Sumbar ingatkan KPID Tingkatkan Pengawasan Isi Siaran, Ini Kata Ficky Tri Saputra
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Anggota DPD RI asal Sumatera Barat  meminta Komisi Penyiaran Indonesia daerah (KPI) untuk meningkatkan pengawasan terhadap konten siaran, sehingga media penyiaran mampu menjalankan fungsinya sebagai media informasi yang sehat dan perekat sosial masyarakat Indonesia.

“Aspirasi dari publik terhadap pengawasan konten penyiaran ini agar lebih optimal lagi, karena masih banyak konten-konten tidak mendidik yang justru masuk sampai pelosok-pelosok desa" ujarnya.

Hal ini diungkapkan Alirman sori dalam kegiatan implementasi UU nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja terhadap kewenangan pemerintah daerah dan peralihan siaran analog ke digital.

Senator asal Sumatera barat ini menuturkan, KPID harus terus berbenah diri terutama dalam menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. 

Ia juga mendukung penguatan kewenangan KPID untuk melakukan pemantauan isi siaran di tengah digitalisasi dan konvergensi media.

"Tentu kita memahami pengawasan ini tidak mudah, dengan adanya konten-konten digital yang bisa diakses melalui handphone, sehingga regulasi tanpa batas  ini menjadi tantangan tersendiri. Nah, teknologi  atau sarpras yang diperlukan KPI untuk menjalankan fungsi tugasnya juga kami pertanyakan, sehingga KPI bisa berjalan sesuai harapan publik," ujar Alirman Sori.

Menanggapi hal tersebut koordinator bidang pengawasan isi siaran KPID Sumbar Ficky Tri Saputra menyampaikan saat ini KPID sumbar telah berkerja untuk itu, mulai dari pengawasan terhadap siaran siaran, namun belum secara keseluruhan seperti konten konten yang ada di media media sosial.

Ficky juga memastikan saat ini KPID terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat umum, mahasiswa dan siswa tentang bagaimana tontonan yang ada saat ini bisa menjadi tuntunan.

Dalam regulasi yang ada saat ini kita baru bisa melakukan pengawasan terhadap TV dan radio belum merambah kepada konten konten yang ada di media sosial yang berseliweran saat ini, selain itu keterbatasan alat pantau yang dimiliki saat ini oleh KPID juga menjadi kendala dalam pemantau, dirinya berharap adanya perhatian serius dari pemerintah melalui penambahan anggaran untuk mengapgrade serta sarana dan prasarana yang dimiliki oleh KPID saat ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kabid IPK dinas Kominfo provinsi Sumbar Indra Sukma, Kabid persandian Eko Faisal, beserta Rahmadi Sutrisno, Edra Mardi dari komisioner KPID Sumbar. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: