Dikenal Sebagai Budayawan Betawi dan Intelektual Islam, Ini Profil Ridwan Saidi yang Baru Saja Meninggal Dunia

          Dikenal Sebagai Budayawan Betawi dan Intelektual Islam, Ini Profil Ridwan Saidi yang Baru Saja Meninggal Dunia
Dikenal Sebagai Budayawan Betawi dan Intelektual Islam, Ini Profil Ridwan Saidi yang Baru Saja Meninggal Dunia
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Budayawan Betawi Ridwan Saidi meninggal dunia pada Minggu (25/12/2022) pukul 08.35 WIB di RSPI Bintaro, Tangerang Selatan. Selain sebagai budayawan, Ridwan Saidi juga dikenal sebagai mantan anggota DPR RI.

Keluarga telah mengonfirmasi perihal berita duka ini lewat keterangan tertulis.

"Telah berpulang dengan tenang Suami, Ayah dan Dato kami tercinta Bapak Ridwan Saidi pada hari Ahad, 25 Desember 2023 pukul 08:35 di RSPI Bintaro Tangsel," demikian keterangan yang diterima Suara.com (25/12).

Profil Ridwan Saidi

Ridwan Saidi dilahirkan di tanah Betawi, Jakarta 80 tahun lalu, pada 2 Juli 1942.

Selain sebagai budayawan, Ridwan Saidi juga dikenal sebagai sejarawan dan intelektual Islam lulusan Ilmu Fakultas Ilmu Sosial Universitas Indonesia.

Ridwan tercatat sebagai mahasiswa UI pada tahun 1977-1987. Dalam kurun waktu tersebut, ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Sebelum di Universitas Indonesia, ia pernah menempuh pendidikan di Fakultas Publisistik Universitas Padhaharan tahun 1962-1963.

Kendati begitu, ia tak menyelesaikan pendidikannya tersebut dan memiih pindah ke Fakultas Ilmu Hukum dan Imu Pengetahuan Kemasyarakat (sekarang FISIP) UI.

Ridwan Saidi juga pernah tergabung dalam Menwa atau Resimen Mahasiswa sebagai Kepala Staf Batalion Soprapto Menwa Arief Rahman Hakim tahun 1966. 

Ia juga pernah menjabat sebagai Jenderal persatuan Mahasiswa Islam Asia Tenggara di tahun 1973-1975.

Di tahun 1977, ia mulai terjun ke partai politik dan menjadi anggota dewan dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan.

Saat menjadi DPR, Ridwan pernah dudu sebagai Wakil Ketua Komisi APBN, lalu setelah itu konssten sebagai Wakil Ketua Komisi X bidang lingkungan hidup dan ilmu pengetahuan sejak tahun 1978 hingga 1987.

Setelah masa jabatannya di parlemen berakhir, Ridwan Saidi menjadi Ketua Umum Partai Masyumi Baru pada tahun 1995 hingga 2003.

Ridwan juga aktif di sejumlah acara Muktamar Rakyat Islam se-Dunia. Ia tercatat pernah berkegiatan dalam Muktamar di Irak di Festival Budaya Babylonian. 

Tahun 2003, Ridwan Saidi juga menjadi Ketua Panitia Kongres Kebudayaan. Selain itu, ia juga menjadi Ketua Komite Waspada Komunisme dan Pendiri Yayasan Renaissance di tahun 2013.

Ridwan Saidi menikah dengan Yahma Wisnani, sorang wanita Minang, pada tahun 1977. Pasangan ini dikaruniai lima anak yakni Syarifah Jihan Marina, Syrif Razbi, Rifat Najmi, Ferhat Adkar, dan Shahin Maulana.

Meninggal Dunia

Sebelum meninggal dunia, Ridwan Saidi diketahui menjalani perawatan di RSPI akibat pecah pembuluh darah.

Politikus Fahri Hamzah mengabarkan bahwa Ridwan Saidi mengalami kondisi kritis dalam perawatannya.

"Mendapat kabar dari putrinya bahwa ayahnya (Ridwan Saidi) dalam keadaan kritis di RSPI Bintaro," cuit Fahri melalui akun Twitter @Fahrihamzah.

Ridwan Saidi berpulang di usia 80 tahun pada 25 Desember 2022.

"Ya Allah, ampunilah dia (Bapak Ridwan Saidi), berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (Surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air, salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia), keluarga yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia), istri yang lebih baik daripada istrinya, dan masukkan dia ke Surga, jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka," demikian keterangan pihak keluarga.

"Mohon dimaafkan atas kekhilafan almarhum semasa hidup. Semoga Bapak Ridwan Saidi rahimahullah husnul khatimah. Aamiin Allahumma aamiin," imbuhnya.

Sumber: Suara.com
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter:

Maklumat:

Wartawan BentengSumbar.com hanya yang namanya tercantum di box redaksi. Wartawan BentengSumbar.com dalam bertugas dilengkapi dengan ID.Card. Untuk pemasangan iklan, artikel promosi produk, dan lannya, Anda dapat menghubungi kami melalui e-Mail: redaksi.bentengsumbar@gmail.com