Sumbar

Hanya 5 dari 48 BUMDes yang Miliki Badan Hukum di Kota Pariaman

          Hanya 5 dari 48 BUMDes yang Miliki Badan Hukum di Kota Pariaman
Hanya 5 dari 48 BUMDes yang Miliki Badan Hukum di Kota Pariaman
Iklan
BENTENGSUMBAR.COM - Wali Kota Pariaman Genius Umar membuka rapat koordinasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se Kota Pariaman Tahun 2022 di Aula SMKN 2 Pariaman, Senin (19/12).

Genius Umar mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah hadir pada rakor ini.

“Rakor BUMDes ini merupakan hal yang sangat penting dilaksanakan, dimana melalui rakor ini kita dapat membahas dan mengevaluasi apa saja yang menjadi kendala BUMDes yang ada di Kota Pariaman masih jalan ditempat dan bagaiamana jalan keluar agar BUMDes di Kota Pariaman mampu meningkatkan PAD didesa yang ada Kota Pariaman, “ ungkapnya.

BUMDes adalah badan hukum yang didirikan oleh desa dan/atau bersama desa-desa guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan/atau menyediakan jenis usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.

“Saat ini Kota Pariaman telah memiliki 48 BUMDes dan 1 BUMDes bersama," cakapnya.

Namun yang sudah memiliki badan hukum baru 5 BUMDes. Meskipun saat ini telah banyak BUMDes yang terbentuk, tetapi kondisinya masih jalan di tempat. 

"Hanya ada 1 atau 2 BUMDES yang mulai maju. Mungkin salah satu faktornya adalah pandemi Covid-19 yang melanda, “ ujarnya.

Genius menambahkan untuk faktor lain yang membuat BUMDes di Kota Pariaman terhenti atau jalan ditempat antara lain kurang tepat dalam menentukan usaha. 

Manajemen dan SDM BUMDes yang tidak sesuai juga menjadi pemicu BUMDes tersebut berhenti. 

Tidak hanya itu, hubungan antara pihak BUMDES dan pemerintahan desa juga memperngaruhi perkembangan BUMDes.

"Oleh karena itu hari ini kita akan bahas itu semua sehingga kedepannya BUMDES di Kota Pariaman kembali bangun dan berkembang," tegasnya.

“Semoga setelah rakor ini dilaksanakan, semua BUMDes di Kota Pariaman akan mampu menambah pendapatan asli desa sehingga desa tersebut akan maju dan berkembang," tuturnya.

Dikatakannya, yang paling penting dan harus diingat oleh pengurus BUMDes dalam mencari usaha adalah jangan sampai mematikan usaha masyarakat disekitar.( wi/at)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: