Editors' Choice

Satpol PP Kota Padang Gerebek Panti Pijat di Tunggul Hitam, Amankan 1 Orang Wanita

BENTENGSUMBAR.COM - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang, menggrebek panti pijat plus-plus berkedok salon di kawasan T...

Jokowi Bicara Politik Identitas, Jusuf Kalla Nyeletuk: Jangan Sedikit-sedikit Anies Bapak Politik Identitas!

          Jokowi Bicara Politik Identitas, Jusuf Kalla Nyeletuk: Jangan Sedikit-sedikit Anies Bapak Politik Identitas!
Jusuf Kalla angkat bicara menanggapi pernyataan Jokowi terkait politik identitas serta politisasi agama pada Pilpres 2024 mendatang. 
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla angkat bicara menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang mulai mewani permainan politik identitas serta politisasi agama pada Pilpres 2024 mendatang. 

Jusuf Kalla mengatakan pelaksanaan pemilu di Indonesia telah diatur oleh Undang-undang, jadi gelaran pesta demokrasi lima tahunan ini kata dia mesti beracuan pada peraturan tersebut. 

“Undang-Undang Pemilu kan ada aturannya. Ada boleh, ada tidak boleh. Kita ikut itu,” ujar JK, dilansir dari tayangan Catatan Demokrasi pada Rabu (21/12).

Jusuf Kalla menegaskan, politik identitas tidak akan mampu mengoyak persatuan di Indonesia selama masyarakatnya tetap berpegang teguh pada semboyan Bhineka Tunggal Ika. 

“Kita memahami Bhinneka Tunggal Ika bahwa kita berbeda dan kita bersatu. Dan saya kira itu merupakan prinsip pokok,” ujar JK.

“Yang penting juga jangan seakan-akan identitas itu dikerdilkan. Jangan asal ini identitas," katanya.

"Sedikit-sedikit identitas. Anies bapaknya politik identitas, apanya?" tambahnya memungkasi.

Sebelumnya, dalam acara konsolidasi Bawaslu pada Sabtu (17/12), Presiden Jokowi mengingatkan semua pihak agar tidak memberikan ruang pada politik identitas, politisasi agama, politik SARA, dan sebagainya.

Jokowi mengingatkan bahayanya politik identitas karena bisa menjadi peluang bagi pihak lain untuk memecah belah keutuhan negara dan bangsa.

Sumber: Populis
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: