Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024, Pangi Syarwi Chaniago: Tidak Punya Korelasi Terkait Elektabilitas Partai

BENTENGSUMBAR.COM -  Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago alias Ipang melihat nomor urut parpol ini sebenarnya tak pengaruh banyak terhadap elektabilitas yang menjadi perhitungan untuk menentukan pemenang Pemilu 2024.

"Saya pikir nomor tidak punya korelasi terkait elektabilitas partai. Yang penting adalah apa program, narasi dan bagaimana partai bisa menyakinkan pemilihnya," kata dia, dilansir dari Liputan6.com pada Jumat (16/12/2022).

Menurut Ipang, yang terpenting bagaimana partai memiliki calon legislatif yang punya rekam jejak bagus. 

Misalnya, apakah itu mantan gubernur, wali kota, bupati, kepala desa, camat, lurah, dan sebagainya.

"Di dalam kontestasi elektoral besok masih sangat bergantung kepada nama kandidat bukan partai effect, tapi kandidasi yang dimajukan partai tersebut," jelas Ipang.

Menurutnya, dengan pengumuman nomor urut, paling tidak menandakan angin segar bagi demokrasi Indonesia, bahwa isu penundaan Pemilu bahkan wacana tiga periode presiden sudah basi.

"Kemungkinan penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden mengalami patahah di tengah jalan, kemungkinan pemilu serentak pilpres dan pileg akan berjalan sesuai dengan trayek," katanya.

"Kan ini yang kita cemaskan, masih ada energi perpanjangan masa jabatan presiden," tegas Ipang. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »