Sumbar

Presiden Pantau Pelaksanaan Ibadah Natal Bersama Bima Arya, Keuskupan: Ini Sejarah, Jokowi Presiden Pertama Datangi Katedral Bogor

          Presiden Pantau Pelaksanaan Ibadah Natal Bersama Bima Arya, Keuskupan: Ini Sejarah, Jokowi Presiden Pertama Datangi Katedral Bogor
Presiden Pantau Pelaksanaan Ibadah Natal Bersama Bima Arya, Keuskupan: Ini Sejarah, Jokowi Presiden Pertama Datangi Katedral Bogor.
Iklan
BENTENGSUMBAR.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung pelaksanaan ibadah natal di Gereja Zebaoth dan Katedral Kota Bogor. 

Vikaris Jenderal Keuskupan sekaligus Wakil Pimpinan Keuskupan Gereja Katedral Kota Bogor Romo Yohanes Suparto menyebut Jokowi merupakan presiden pertama yang datang ke Gereja Katedral ketika perayaan natal.

"Kami sangat, sangat surprise, betapa bahagia, bahkan banyak umat yang sungguh mengalami kebahagiaan ketika Pak Jokowi masuk (ke dalam gereja), karena bagaimana pun juga ternyata Pak Jokowi orang yang selalu mau dekat dengan siapapun," kata Romo Yohanes, Minggu (25/12/2022).

"Bahkan ini menjadi sejarah bagi kami gereja Bogor, karena baru Pak Jokowi sebagai Presiden yang masuk ke gereja kami ini, baru Pak Jokowi," tambahnya.

Pesan Jokowi, Ini Kata Romo Yohanes


Yohanes juga sempat menyinggung pesan Jokowi dalam sambutannya agar tetap menjaga solidaritas dan toleransi demi kebangkitan bangsa. 

Menurutnya, pesan yang disampaikan Presiden sangatlah kuat bagi jemaat.

"Pesan yang disampaikan Pak Jokowi juga tadi sangat kuat bagi kita, untuk itu tadi menjaga solidaritas, toleransi untuk kebangkitan negara Indonesia yang kita cintai, tetapi secara umum kami sangat sangat bahagia, ini anugerah Tuhan yang luar biasa, hadiah natal yang sangat indah bagi kami semua umat kristiani," ucapnya.

Yohanes mengatakan pelaksanaan ibadah natal di Gereja Katedral berjalan dengan aman dan tertib. Sebanyak seribu jemaat mengikuti proses ibadah natal hari ini.

"Kita sekarang yang jam 9 ini disediakan online juga, tetapi yang offline ini yang jam 08.30 WIB dimulai, ini ada sekitar 1.000 jemaat jumlahnya," ungkap Yohanes.

"Proses ibadah aman dan luar biasa ya, aparat dari keamanan TNI-Polri bahkan ada ormas-ormas yang membantu kami juga, ada juga dari pramuka. Banyak ormas kemarin yang gabung untuk menjaga kondusifitas perayaan natal ini, dari kemarin, hingga tadi malam semuanya berjalan sangat lancar," tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memantau pelaksanaan ibadah Natal di Gereja Zebaoth dan Katedral Kota Bogor. 

Dalam sambutannya, Jokowi mengajak jemaat gereja untuk mempererat persaudaraan dan menjaga lingkungan.

Pantauan detikcom, Jokowi ditemani Wali Kota Bogor Bima Arya mengunjungi Gereja Zebaoth di Jl Ir Juanda Kota Bogor sekitar pukul 09.10 WIB, Minggu (25/12/2022). 

Tak lama kemudian, Jokowi melanjutkan perjalanan untuk memantau pelaksanaan ibadah Natal di Gereja Katedral, Jl Kapten Muslihat Kota Bogor.

Jokowi mengajak jemaat untuk mempererat persaudaraan dan menjaga lingkungan demi kebangkitan Indonesia.

"Pertama-tama saya menyampaikan Selamat Natal dan selamat menyambut tahun baru 2023," kata Jokowi dalam sambutannya di Gereja Katedral Jl Kapten Muslihat dilihat detikcom melalui layar siaran langsung di halaman Gereja Katedral Kota Bogor, Minggu (25/12).

"Saya lihat tadi, bapak, ibu, semuanya bahagia damai menyambut Natal pagi ini dan mari bersama sama kita terus mempererat tali persaudaraan memperkuat lingkungan kita untuk kebangkitan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selamat Natal, semoga Tuhan memberkati kita semua," tambahnya.

Sumber: detikcom
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: