SUMBAR

Wako Pariaman Tandatangani Serah Terima Aset Pasar Rakyat Pariaman dari Kementerian PUPR

          Wako Pariaman Tandatangani Serah Terima Aset Pasar Rakyat Pariaman dari Kementerian PUPR
Wako Pariaman Tandatangani Serah Terima Aset Pasar Rakyat Pariaman dari Kementerian PUPR
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Wali Kota Pariaman  Genius Umar menandatangani serah terima aset  Barang Milik Negara (BMN) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, kepada Kota Pariaman di gedung Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (8/12).

Genius Umar sebelumnya mengatakan permohonan maaf, karena seharusnya, acara resmi penyerahan aset ini sebetulnya berlangsung pada hari kemarin (Rabu, 7 November), bersama dengan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, namun karena kemaren bertepatan dengan kunjungan Menteri PPPA (Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), I Gusti Ayu Bintang Puspayoga ke Pariaman, dirinya tidak dapat hadir.

“Karena kami berhalangan hadir, maka kami secara khusus melaksanakan penandatanganan serah terima BMN Pasar Rakyat Pariaman, dari Kementerian PUPR, kepada Pemerintah Kota Pariaman,” ujarnya.

Genius Umar juga menyebutkan bahwa dirinya sempat video call dengan bapak Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kemaren, sekaligus memberitahu kepada beliau bahwa dirinya tidak bisa hadir karena dikunjungi oleh Menteri PPPA RI, bahkan dua Menteri ini bahkan saling diskusi dan berinteraksi.

“Kami sebagai Pemerintah dan atas nama masyarakat Kota Pariaman, mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR, yang banyak membantu pembangunan di Kota Pariaman selama ini, dan kami hitung sejak periode masa kepemimpinan kami, telah banyak bantuan yang dikucurkan Kementerian PUPR ke Kota Pariaman,” ungkapnya.

Genius mencontohkan salah satu bantuan yang diberikan Kementerian PUPR, Talao Pauh, dimana sebelumnya lokasi ini adalah tempat orang membuang sampah dan tidak terawat, setelah dibangun, sekarang menjelma menjadi destinasi wisata baru yang banyak dikunjungi wisatawan.

“Belum lagi bantuan konsep Water Front City yang kami kembangkan, dan mendapatkan bantuan juga dari Kementerian PUPR, dimana kami merubah yang selama ini bangunan masyarakat membelakangi laut dan sungai, saat ini telah menghadap kedepan, yang kita tata dengan artistik, sehingga menjadi indah dan asri,” tukasnya.

Labih lanjut Genius menyebutkan yang paling besar bantuan Kementerian PUPR ini adalah Pasar Pariaman, yang mana pasar pariaman ini dahulnya telah berusia 50 tahun lebih, dan dengan gempa besar di tahun 2019, menjadi semakin tidak layak, karena banyak bangunan yang retak parah bahkan sampai ada yang roboh.

“Alhamdulillah, dengan dibantu oleh Kementerian PUPR Tahun Anggaran 2019-2020, dan di tahun 2021, diresmikan oleh pak Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, dan Pasar Pariaman ini telah kita gunakan dan ditempati para pedagang, sampai sekarang,” terangnya.

Sesuai dengan arahan yang  disampaikan oleh ibu Menteri Keuangan, Sri Mulyani, bahwa aset itu harus mempunyai nilai tambah dan bermanfaat maksimum untuk masyarakat Kota Pariaman dan mampu mengangkat perekonomian masyarakat 

"Hal ini telah kita lakukan dengan berbagai aset yang berasal dari kementerian PUPR ini, semata-mata untuk peningkatan kesejahteraan dari masyarakat."

“Semua aset BMN tersebut, telah dinikmati oleh masyarakat, dan mempunyai dampak yang cukup besar bagi mereka, karena bisa menciptakan lapangan kerja baru, baik berjualan atau hal lainya, sehingga akan meningkatkan ekonomi mereka, yang muaranya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sendiri,” tuturnya.

Lebih lanjut peraih gelar Doktor di IPB ini mengatakan bahwa aset yang diserahkan tersebut, telah menjadi sumber PAD (pendapatan Asli Daerah) Pemerintah Kota Pariaman, karena itu, dirinya berpesan kepada Kadis Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, agar mengelola pasar ini dengan baik, karena pasar Pariaman ini telah menjadi tanggung jawab kita sekarang.

“Kami juga meminta kepada pemerintah pusat, dalam hal ini kementerian PUPR dan lainya, karena keterbatasan dana daerah akibat Pandemi Covid-19, kita di daerah mempunyai keterbatasan dana untuk membangun, karena itu untuk tahun-tahun berikutnya, kiranya masih ada komitmen kita bersama dalam membangun daerah, selalu mendapat dukungan dari Kementerian PUPR,” tutupnya.

Penyerahan aset BMN dari Kementerian PUPR ini, juga dihadiri  Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, Kepala Balai Jalan Nasional Sumatera Barat, yang berada dibawah naungan Kementerian PUPR, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Alyendra, PUPR Kota Pariaman dan jajaran Kementerian PUPR sebagai panitia acara. (J/at)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: