SUMBAR

Baznas Padang Pariaman Rayakan HUT Baznas ke 22 dengan Khatmil Qur'an

          Baznas Padang Pariaman Rayakan HUT Baznas ke 22 dengan Khatmil Qur'an
Baznas Padang Pariaman Rayakan HUT Baznas ke 22 dengan Khatmil Qur'an
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ke 22 tahun, Baznas Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat merayakannya dengan khatmil Qur'an, penampilan seni Marawis, doa syukuran dan pemotongan kue.

HUT Baznas  dengan Tema "Berkah Berzakat, Terimakasih Muzaki, Terimakasih Mustahik" tersebut digelar secara sederhana di Kantor Baznas  di Nagari Parit Malintang Kecamatan Enam Lingkung, Selasa (17/01/2023).

Kegiatan dikemas sederhana tapi meriah menghadirkan tim marawis santriwati ponpes Bustanul Yaqin Punggung Kasik, dihadiri semua pimpinan, staf Amil dan tim BMD Padang Pariaman.

"Alhamdulillah, bertepatan di hari ulang tahun Baznas ke-22 tahun 2023, kita gelar kegiatan syukuran dengan diawali khatmil quran, masing-masing peserta mengkhatamkan 1 juz dilanjutkan doa selamatan, pemotongan kue HUT.

Kemudian diiringi dengan hiburan marawis dan ditutup dengan makan bersama," kata Ketua Baznas Kabupaten Padang Pariaman, Dr Rahmat Tuanku Sulaiman.

Selain menggelar kegiatan syukuran di kantor, Baznas Padang Pariaman akan menggelar puncak resepsi  tasyakuran HUT BAZNAS ke 22 pada  Selasa (24/1) depan di aula kantor bupati Padang Pariaman yang dirangkai dengan kegiatan pemberian penghargaan kepada tokoh dan organisasi penggerak cinta zakat, pemberian hak Amil bendaharawan dan lounching program unggulan BAZNAS Padang Pariaman tahun 2023. 

Kegiatan puncak tasyakuran akan dihadiri oleh Bupati, ketua DPRD, Kemenag, unsur Forkompinda, pimpinan Baznas periode sebelumnya,  kepala OPD, Wali Nagari, ketua UPZ Nagari, bendaharawan gaji dan tamu undangan lainnya," tutur Rahmat yang juga Ketua PW GP Ansor Sumbar ini.

Selain itu, Rahmat juga menyebutkan  Baznas merupakan badan resmi  lembaga pemerintah non struktural yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infak dan sedekah.

Rahmat menyebutkan tujuan kegiatan HUT Baznas ke- 22  untuk menguatkan visi Baznas, menjadi lembaga utama mensejahterakan umat dengan harapan kedepannya para Mustahik menjadi Muzaki.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada  Bupati Padang Pariaman sebagai salah seorang penerima Baznas Award tahun 2022 yang terus mensupport semua agenda Baznas Padang Pariaman," katanya.

"Terimakasih juga kami sampaikan kepada seluruh pihak yang selama ini telah membantu mensukseskan berbagai program Baznas dalam rangka memberikan kesejahteraan dan kemaslahatan bagi umat. Semoga Baznas dapat menjadi lembaga pilihan utama bagi pembayar zakat, lembaga utama yang mensejahterakan umat," harapan dosen MM Universitas Tamansiswa Padang ini.

Sementara itu Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyatakan terus berkomitmen untuk mendukung Baznas Padang Pariaman dalam optimalisasi pengumpulan zakat, termasuk juga berkomunikasi dengan Muzaki perantauan.

"Perantau Padang Pariaman yang sudah menjadi Muzaki kami ajak untuk menyalurkan sebagian zakatnya lewat Baznas Padang Pariaman," ujar mantan Ketua BAZNAS Padang Pariaman ini.

Lebih lanjut Bupati yang biasa dipanggil aciak ini menjelaskan  Baznas Padang Pariaman sebagai lembaga pemerintah non struktural, di SK kan oleh Bupati terus bersinergi dengan pemerintah daerah untuk mensejahterakan masyarakat sesuai dengan visi Padang Pariaman yang sudah ditetapkan dalam RPJMD Padang Pariaman yaitu Padang Pariaman BERJAYA.

Ia juga menerangkan bahwa dalam Al'Quran sudah jelas menyebutkan Zakat ini memang harus dipaksa, dengan diawali dengan perintah "ambillah, jemputlah" kira-kira seperti itu. Untuk membersihkan harta kemudian mensucikan jiwa.

"Zakat bukan sebatas kewajiban tapi kebutuhan individual dalam membersihkan jiwa," jelasnya.

"Kita doakan semoga zakat yang dikeluarkan muzaki menjadikan ketenangan bagi jiwa kita semua," cakapnya.

"Tentunya atas nama pemerintah daerah Padang Pariaman, saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 22 untuk Baznas, tetaplah menjadi lembaga utama dalam menyejahterakan ummat,  berkah berzakat, terimakasih Muzaki, terimakasih Mustahik," ujarnya mengakhiri. (at)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: