SUMBAR

BNPB: Guncangan Gempa Maluku Dirasakan hingga 11 Wilayah di NTT

          BNPB: Guncangan Gempa Maluku Dirasakan hingga 11 Wilayah di NTT
BNPB: Guncangan Gempa Maluku Dirasakan hingga 11 Wilayah di NTT
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa gempa Maluku dengan magnitudo (M) 7,9 terasa hingga di 11 daerah di Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Sejumlah daerah yang merasakan gempa itu dibagi berdasarkan skala Modified Mercalli Intensity (MMI)," kata Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan tertulisnya, Selasa 10 Januari 2023.

Sejumlah daerah yang merasakan gempa Maluku tersebut, adalah Kabupaten Alor, Kota Waingapu di Kabupaten Sumba Timur dan Lembata dengan Skala MMI III-IV, sedangkan di Tanah Merah, Amarasi Selatan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Kupang, Kelurahan Kolhua, Bakunase, Rote, Sabu, Ende, dan Kota Kupang dengan skala II – III MMI.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memutakhirkan parameter gempa M 7,6 berada pada 148 km barat laut Kepulauan Tanimbar dengan kedalaman 131 km. Pusat gempa berada di laut dan peringatan dini tsunami telah dicabut.

Berselang sekitar 10 menit, gempa susulan terjadi dengan magnitudo 5,5, tepatnya pukul 01.10 WIB atau 03.10 waktu setempat. Pusat gempa berada di 197 barat laut Kepulauan Tanimbar.

Warga dihimbau waspada gempa susulan

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan warga untuk tetap waspada terhadap potensi gempa susulan.

Sebelum kembali ke dalam rumah, warga diminta untuk memastikan kondisi struktur bangunan setelah gempa.

Dampak korban jiwa dapat dipicu bukan karena fenomena gempa, tetapi reruntuhan bangunan yang tidak tahan gempa.

Selain itu, warga diminta untuk tidak mudah terpancing oleh berita palsu atau hoaks yang biasanya tersebar melalui media sosial. 

Pastikan informasi terkini setelah gempa dari BMKG, BNPB atau pun BPBD setempat.

Sumber: Tempo.co
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: