Buka Seminar Nasional Kebangsaan Umat Islam, Wagub Singgung Stigma Sumbar Provinsi Intoleran: Darimana Berasalnya?

BENTENGSUMBAR.COM - Wagub Sumbar Audy Joinaldy membuka Seminar Nasional Kebangsaan Umat Islam yang bertajuk "Merekat Kebersamaan untuk Menghadapi Tantangan Masa Depan" pada Jumat (27/1/2023). Di Pangeran Beach Hotel Padang. 

Turut hadir bersama wakil gubernur, tokoh-tokoh besar dan ulama nasional, diantaranya mantan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu, Wasekjen MUI Ahmad Fahrur Rozi, Ketua MUI Sumbar Buya Gusrizal Gahazar, serta puluhan tokoh-tokoh dan akademisi nasional lainnya.

Pada kesempatan itu, Wagub menyampaikan bahwa ia miris dengan adanya stigma bahwa Sumatera Barat adalah provinsi intoleran. Wagub mengatakan 97 persen dari 5,7 juta penduduk Sumatera Barat beragama Islam, dan tidak pernah ada kasus pengrusakan rumah ibadah agama lain di Sumbar. Semua hidup rukun dan damai. "Jadi dari mana stigma itu berasal? Ini parameternya darimana?" Ujarnya.

Belum lagi, masyarakat perantau Minangkabau yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia, bahkan hingga ke sejumlah negara di dunia, hidup tersebar dan menyatu dengan masyarakat setempat.

Ia melanjutkan, di masa lalu tiga dari empat founding fathers Republik Indonesia berasal dari Sumatera Barat, yaitu Tan Malaka, Mohammad Hatta dan Sutan Sjahrir. Ditambah lagi, Muhammad Yamin yang merupakan satu dari tiga perumus Pancasila, juga berasal dari Ranah Minang. Jadi tak mungkin pula jika Sumatera Barat dicap tidak Pancasilais.

"Pendiri bangsa ini termasuk orang Minang. Pencetus pancasila itu juga orang Minang. Karena itu, tidak mungkin orang Minang ini tidak pancasilais dan sangat tidak mungkin orang Minang akan berkhianat terhadap bangsa ini," ungkap Wagub Audy.

"Karena itu saya selalu protes bila Provinsi Sumatera Barat disebut provinsi intoleran. Karena di sini tidak pernah ada masyarakat membakar gereja, tidak ada orang non muslim digebukin dan lainnya, karena itu Saya protes," lanjutnya menegaskan. 

Begitu juga dalam pembangunan, menurut Wagub, kontribusi orang Minang dalam membangun Indonesia tidak perlu dipertanyakan. 

Orang Minang banyak bergerak di sektor perdagangan, menjadi pengusaha di berbagai provinsi di Indonesia dan ikut membangun daerah rantaunya.

"Oleh karena itu gini ratio di Sumbar juga bagus, karena orang-orang kaya dari Sumbar banyak berada di provinsi lain, ikut membangun daerah di sana," kata Wagub lagi. (Diskominfotik Prov Sumbar)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »