Gaet Masyarakat Adat, Bawaslu Agam Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif Dalam Festival Alek Nagari

          Gaet Masyarakat Adat, Bawaslu Agam Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif Dalam Festival Alek Nagari
Gaet Masyarakat Adat, Bawaslu Agam Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif Dalam Festival Alek Nagari
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Mengawali Tahun 2023, Bawaslu Kabupaten Agam kembali masif melakukan sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif. 

Pada Minggu tanggal 8 Januari 2023, Bawaslu Kabupaten Agam turut meramaikan momen Festival Alek Nagari Canduang Koto Laweh dengan memberikan sosialisasi pengawasan partisipatif guna meningkatkan antusias generasi muda dan Masyarakat Adat dalam melakukan pengawasan mensukseskan Pemilu 2024. 

Pembukaan Festival Alek Nagari Canduang Koto Laweh digelar di Komplek Perkantoran Walinagari Canduang Koto Laweh, dihadiri oleh Bupati Agam, Camat Candung, Walinagari Candung Koto Laweh, Bamus Nagari Canduang Koto Laweh, KAN Nagari Canduang Koto Laweh, Niniak Mamak, Cadiak Pandai, Alim Ulama, Bundo Kanduang, dan Tokoh Masyarakat. 

Alek Nagari ini mengusung tema “Manjapuk Warih, Manaruko Jajak Lamo” yang artinya Menjemput Waris dan Menapaki Jejak Sejarah, dengan konsep parade adat. 

“Terimakasih kepada Panitia Acara yang menyediakan waktu bagi Bawaslu Agam memberikan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif. Saya sungguh bangga dan bahagia berada di acara alek nagari yang luar biasa ini. Sebuah ide dan gagasan yang luar biasa dalam melestarikan budaya nagari,” ujar Okta Muhlia.

Ia mengapresiasi sekaligus mengucapkan terimakasih atas kesempatan dan kerjasama yang terbangun dengan Pemerintahan Nagari Canduang Koto Laweh.

“Semua pihak terlibat untuk mensukseskan acara Alek Nagari. Demikian juga hendaknya dg pesta demokrasi, Pestanya rakyat. Alek awak basamo,” pungkas Lia. 

Bawaslu sebagai lembaga pengawas Pemilu, memiliki tugas untuk melakukan pengembangan pengawasan partisipatif yang melibatkan masyarakat dalam melakukan pengawasan Pemilu menuju pemilu yg demokratis. 

“Saya yakin dengan hadirnya Bawaslu dalam kegiatan Alek Nagari ini, generasi muda dan masyarakat sebagai pemilik kedaulatan tertinggi mampu mengambil peran untuk menentukan arah masa depan bangsa,” ujarnya.

Dengan terlibatnya semua elemen masyarakat sesuai dengan perannya masing-masing, diharapkan tidak hanya meningkatkan partisipasi Pemilih, tetapi juga angka pelanggaran Pemilu dapat kita tekan dan pesta rakyat yang demokratis dapat diwujudkan pada  Pemilu 2024 ini.

Bawaslu Agam terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak. Dengan kolaborasi akan mewujudkan Pemilu yang demokratis. (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter:

Maklumat:

Wartawan BentengSumbar.com hanya yang namanya tercantum di box redaksi. Wartawan BentengSumbar.com dalam bertugas dilengkapi dengan ID.Card. Untuk pemasangan iklan, artikel promosi produk, dan lannya, Anda dapat menghubungi kami melalui e-Mail: redaksi.bentengsumbar@gmail.com