Gerak Cepat, Bupati Solok Turunkan Tim Monev Tanggapi Laporan Terkait Pemeliharaan Jalan Kuncir ke Paninjauan

BENTENGSUMBAR.COM - Terkait adanya indikasi pekerjaan tidak sesuai dengan spek teknis pada kegiatan pemeliharaan berkala ruas Jalan Kuncir ke Paninjauan di Kecamatan X Koto diatas Kabupaten Solok Sumatra Barat

Bupati Solok turunkan Tim Monev  sekaitan respon terhadap laporan, dan munculnya isu, Sabtu (21/1/2023).

Tim Monev ini terdiri dari Inpektorat didampingi  Dinas PUPR Kab. Solok, dihadiri kontraktor pelaksana, serta konsultan pengawas.

Disela kegiatan monev oleh tim Inspektorat Kabupaten Solok yang di pimpin langsung oleh Inspektur, Fidriati Ananda, yang ikut didampingi oleh sekretaris Inspektorat, Dery Akmal, kemudian 4 orang tim lainnya yang bertugas mengambil dan mengumpulkan data dilapangan.

“Pengerjaan pemeliharaan ruas jalan Paninjauan-Kuncir ini masih berjalan dan masa perpanjangan waktu. Ini sesuai komitmen perusahaan, mengingat masih adanya item pekerjaan yang belum tuntas, termasuk perbaikan beberapa titik pada ruas jalan yang perlu dirapikan kembali,” kata Vivi.

Vivi menegaskan, kegiatan tersebut belum PHO (Provisional Hand Over-PHO) dari perusahaan pelaksana kepada Dinas PUPR atau Pemerintah Kabupaten Solok.

Vivi memastikan pekerjaan itu akan diselesaikan sesuai dengan perencanaan awal yang telah disepakati kontraktor di dalam  perjanjian kerja. 

Kalau tidak dilaksanakan, Dinas PUPR tidak akan ragu sedikitpun untuk memutuskan kontrak dengan perusahaan yang sekarang lagi mengerjakan, sebagaimana dengan aturan yang berlaku.

“Mereka masih bekerja, karena sesuai Perlem LKPP Nomor 9 Tahun 2018 dan Permen PUPR  Nomor 7 Tahun 2019 tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Jasa Konstruksi Melalui Penyedia,” ujarnya.

“Kita masih memberikan kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan memperpanjang masa kerja selama 50 hari, dengan dikenakan denda 1/1000 perharinya dari sisa nilai kontrak mereka yang belum dicairkan,” tambah Vivi.

Dikatakannya, dari pagu dana Rp 5. 943.768.000,00 (Lima Milyar Sembilan Ratus Empat Puluh Tiga Juta Tujuh Ratus Enam Puluh Delapan Ribu Rupiah) pekerjaan pemeliharaan ruas jalan Paninjauan-Kuncir, bobot pekerjaannya yang selesai sesuai dengan perhitungan dari Dinas PUPR, masih 90%.

Begitupun dengan pencairannya. Dari pekerjaan tersisa, serta adanya beberapa titik ruas jalan yang perlu di perbaiki kembali. 

Vivi yakin pengerjaan kegiatan tersebut bisa tuntas sampai 100% dengan tambahan waktu yang diberikan kepada CV. Griya Utama. 

Sehingga nantinya jalan itu dapat sepenuhnya memberikan manfaat kepada masyarakat disana.

“Karena hari ini juga ada Monev, maka untuk penyelesaian pekerjaan ini nantinya akan kita selesaikan sesuai dengan arahan Inspektorat,” terangnya.

Kepala Inspektorat Kab. Solok, Fidriati Ananda, mengatakan, bahwa kehadiran dirinya untuk memastikan langsung ke lapangan isu yang beredar terkait pengerjaan ruas jalan Paninjauan-Kuncir.

“Kita hari ini melihat kondisi ril dilapangan, dengan mengambil data selengkap-lengkapnya sesuai dengan dokumen perencanaan perkerjaan ini,” jelasnya.

Safriwal, Sek. Kominfo Kab. Solok, mengungkapkan tim monev sudah hadir di lokasi jam 09:00 Wib. 

Sekitar Jam 01.00 Wib pengambilan data dan selesai saat azan magrib berkumandang.

“Saat Tim Monev turun kelapangan, Walinagari Paninjauan, Ketua Pemuda Nagari paninjauan, serta awak media ikut menyaksikan di lokasi,” ujar Safriwal. ( BO )

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »