Jokowi Soal Kaesang yang Ingin Terjun ke Politik: Saya Nggak Ikut-ikutan

BENTENGSUMBAR.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi kabar soal putra bungsunya, Kaesang Pangarep, yang ingin terjun ke dunia politik. Dia menekankan agar dirinya tak dikait-kaitkan dengan keputusan tersebut.

Jokowi mengaku bukan dia yang memengaruhi Kaesang sehingga memutuskan untuk mengikuti jejaknya sebagai politisi Tanah Air. 

Dia bahkan mengatakan kalau Kaesang harus mempertanggungjawabkan jalan yang hendak dia ambil, tanpa disetir orang lain.

"Saya nggak mempengaruhi, saya tidak memutuskan karena mereka sudah punya keluarga sendiri. Harus bertanggungjawab, bisa memutuskan sendiri, saya nggak akan ikut-ikut," ucap Jokowi, dikutip dari Antara, Minggu, 29 Januari 2023.

Kendati demikian, Jokowi memastikan restunya mengalir bagi keinginan Kaesang yang satu ini. 

Kepala Negara RI itu juga membenarkan sang anak telah mengemukakan niatnya langsung di hadapan keluarga inti.

"Sudah ngomong ke saya, tapi saya selalu memberikan kebebasan pada mereka," kata Jokowi lagi.

Respons PDIP

Niat Kaesang Pangarep yang hendak terjun ke dunia politik menuai reaksi dan tangan terbuka dari sejumlah partai politik (parpol), salah satunya PDIP.

Partai yang juga menaungi Jokowi dan kakak dari Kaesang, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku sambut hangat keinginan si anak bontot presiden.

"Dalam era multi partai memang ada kontestasi parpol," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 28 Januari.

Terkait kontestasi ini, Hasto menyampaikan siapapun yang menjadi kader PDIP, dalam hal ini Kaesang mesti digembleng dengan nilai dan prinsip partai yang kuat.

"Mereka yang masuk PDIP harus siap digembleng, harus siap mengikuti pendidikan politik, dan kaderisasi," tutur Hasto.

Hasto menegaskan, menurutnya opsi terbaik bagi Kaesang adalah ikut masuk ke PDI Perjuangan sebagaimana Jokowi dan Gibran.

"Di PDI Perjuangan tak dikenal yang namanya satu keluarga inti berada dalam partai politik yang berbeda-beda," kata Hasto di Bandung, Jawa Barat, Sabtu, 28 Januari 2023.

"Ya sekiranya mau masuk, ke PDI Perjuangan; karena kami ini punya aturan bahwa dalam satu keluarga tidak bisa masuk dalam pilihan partai-partai yang berbeda," ucap dia, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Namun, sebanyak kesempatan bagi Kaesang, sebanyak itu pula komitmen dari yang bersangkutan bagi PDIP. 

Hasto menguraikan bahwa partainya menggunakan model stelsel aktif, sehingga jika ingin menjadi bagian, siapa pun harus mengajukan permohonan.

Dengan kata lain, anggota keluarga kader PDI Perjuangan boleh bergabung, namun, terkait penugasan dalam semangat reformasi sebagai asas partai punya batasan tertentu. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »