Editors' Choice

Satpol PP Kota Padang Gerebek Panti Pijat di Tunggul Hitam, Amankan 1 Orang Wanita

BENTENGSUMBAR.COM - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Padang, menggrebek panti pijat plus-plus berkedok salon di kawasan T...

Ketua BP4 Kota Pariaman Buka Bimbingan Pranikah Angkatan I Tahun 2023

          Ketua BP4 Kota Pariaman Buka Bimbingan Pranikah Angkatan I Tahun 2023
Ketua BP4 Kota Pariaman Buka Bimbingan Pranikah Angkatan I Tahun 2023
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Badan Penasehat, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kota Pariaman Lucyanel Arlym membuka bimbingan pranikah angkatan pertama Tahun 2023 di Aula BP4 Desa Pauh Barat Kota Pariaman, Rabu (11/1).

Lucyanel Arlym mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta yang antusias hadir untuk mengikuti bimbingan pranikah.

“BP4 merupakan badan atau lembaga yang salah satu tugas dan fungsinya adalah mendamaikan keluarga yang bersengketa atau bermasalah, dan memberikan bimbingan kepada pasangan yang akan melangsungkan pernikahan," ujarnya. 

"Dalam hal ini kita hanya memberikan wejangan bukan memasuki wilayah privat. Kita tidak mencampuri keyakinan mereka tapi yang kita bantu adalah mempersiapkan keluarga sebaik mungkin, “ ungkapnya.

Upaya pemerintah menciptakan generasi unggul di masa depan salah satunya melalui rencana peningkatan kualitas bimbingan pranikah.

Secara teknis, bimbingan pranikah dilakukan terhadap calon pasangan suami istri tentang bagaimana membangun keluarga yang berkualitas. 

Tujuannya adalah mempertinggi mutu perkawinan untuk mewujudkan keluarga sakinah menurut ajaran islam mencapai masyarakat dan bangsa indonesia yang maju, mandiri, bahagia, sejahtera materil dan spiritual.

“Menciptakan keluarga sakinah, mawaddah dan warohmah bukanlah persoalan mudah tetapi jika dilakukan dengan kebersamaan dan saling menghormati, insyaallah bisa diwujudkan. Inilah yang kita berikan saat pelaksanaan bimbingan pranikah," cakapnya. 

"Tidak hanya itu, di BP4 Kota Pariaman juga diberikan pengetahuan tentang stunting dan hidup sehat sehingga semua peserta betul – betul mendapatkan ilmu sebelum berumah tangga, “ tambahnya.

“Kepada semua peserta untuk dapat fokus terhadap materi yang disampaikan. Jangan sampai fisik ada di ruangan namun fikiran kepersoalan lainnya karena ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk semua calon penganten,” harapnya.

Ketua Bidang Diklat dan SDM Keluarga Sakinah BP4 Kota Pariaman Priyaldi mengatakan bahwa BP4 Kota Pariaman dibentuk sejak Tahun 2015 yang diketua  Lucyanel Arlym.

“Sejak awal dibentuk sampai sekarang, BP4 Kota Pariaman telah banyak melakukan perbaikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada warga yang membutuhkan bimbingan," tegasnya. 

"Untuk Tahun 2023 angkatan pertama ini, peserta bimbingan pranikah sebanyak 34 pasang dan mereka mendapat bimbingan pranikah secara grartis selama dua hari. Jadi semua biaya yang dikeluarkan saat kegiatan bimbingan pranikah ditanggung oleh Pemko Pariaman sejak Tahun 2022. Tidak hanya bimbingan pranikah, BP4 juga melakukan pembinaan perkawinan dan mediasi perceraian, “ ungkapnya.

“Dengan dilaksanakan bimbingan ini, para peserta kelak dalam kehidupan berumah tangga bisa menjadi keluarga sakinah, mawahdah, warahmah dan juga mengurangi angka perceraian di Kota Pariaman, “ tutupnya.(wi /at)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: