SUMBAR

LSI: Dukungan ke Ganjar Makin Tinggi Saat Responden Puas Kinerja Jokowi

          LSI: Dukungan ke Ganjar Makin Tinggi Saat Responden Puas Kinerja Jokowi
LSI: Dukungan ke Ganjar Makin Tinggi Saat Responden Puas Kinerja Jokowi
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei korelasi antara tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan dukungan kepada calon presiden di Pemilu 2024.

Hasilnya menunjukkan semakin puas responden dengan kinerja Jokowi maka akan berpengaruh positif kepada dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Survei ini dilakukan pada 7-11 Januari 2023 melalui wawancara telepon. 

Ada 1.221 responden yang diambil dengan metode random digit dialing (RDD) atau proses pembangkitan nomor secara acak. 

Adapun margin of error kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berdasarkan survei didapatkan bahwa kepuasan terhadap kinerja Jokowi meningkat hingga 76,2 persen pada awal tahun 2023 ini.

Sementara itu, hanya 20,3 persen responden yang mengaku tidak puas dengan kinerja Jokowi.

LSI lantas mengaitkan antara kepuasan terhadap kinerja Jokowi itu dengan dukungan calon presiden di 2024.

Hasilnya, memang ada keterkaitan antara kepuasan terhadap Jokowi dengan dukungan kepada calon presiden.

"Yang menyatakan puas kepada presiden itu lebih banyak yang mendukung Ganjar Pranowo 35%, baru setelah itu Prabowo Subianto (18,2%), lalu diikuti dengan Anies Baswedan (14%)," kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan seperti dilihat detikcom pada YouTube LSI, Senin (23/1/2023).

Djayadi mengatakan, sebaliknya, yang tidak puas terhadap Jokowi justru cenderung mendukung Anies Baswedan dan Prabowo.

Karena itu lah, dia menilai masih ada partisan di masyarakat.

"Yang menyatakan tidak puas terhadap presiden itu cenderung mendukung Anies dan Prabowo dengan jumlah yang mirip, 27,1% ke Anies, 26,4% ke Prabowo, hanya 10,5% yang mendukung Ganjar. Jadi masih ada partisan di sini. Ganjar unggul antara lain karena dia paling unggul di kalangan pemilih yang puas dengan kinerja presiden," ucapnya.

Atas temuan itu, Djayadi mengatakan semakin puas responden dengan kinerja Jokowi, maka semakin banyak dukungan kepada Ganjar Pranowo. 

Sedangkan makin puas responden dengan kinerja Jokowi, maka dukungan kepada Anies dan Prabowo semakin sedikit.

"Dalam hal ini korelasinya negatif kepada Anies Baswedan, artinya makin puas kepada presiden cenderung makin sedikit dukungan kepada Anies, sebaliknya kepada Ganjar Pranowo, makin puas kepada presiden, dukungannya kepada Ganjar cenderung makin tinggi," jelasnya.

"Sementara kepada Prabowo dukungannya sama dengan Anies, korelasinya negatif, makin tinggi tingkat kepuasan kepada presiden, tingkat dukungan kepada Prabowo juga cenderung lebih sedikit secara umum," lanjut dia.

Sumber: detikcom 
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: