SUMBAR

Menhan Prabowo Subianto Bantah Tudingan Proyek 'Food Estate' Jokowi Gagal

          Menhan Prabowo Subianto Bantah Tudingan Proyek 'Food Estate' Jokowi Gagal
Menhan Prabowo Subianto Bantah Tudingan Proyek 'Food Estate' Jokowi Gagal
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membantah keras tudingan atas gagalnya proyek lumbung pangan atau food estate yang tengah digencarkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Meski dinilai tidak berhasil di beberapa daerah, namun Prabowo menegaskan bahwa proyek ini masih dilanjutkan.

"Food estate juga dilaksanakan," kata Prabowo singkat saat Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan Tahun 2023 di Jakarta, dikutip Minggu (22/1/2023).

Kementerian Pertahanan memang telah diikutsertakan Presiden Jokowi dalam proyek food estate sejak 2020.

Alasannya, pangan merupakan bagian dari pertahanan sebuah wilayah. Mantan Panglima TNI itu pun menegaskan ketersediaan pangan menjadi kunci stabilitas sebuah negara.

"Ya saya kira nanti kita akan lihat tapi dari AD (anggaran dasar) kita istilahnya saya lihat tadi kemarin kita assessment bahwa kita cukup mampu untuk menjaga stabilitas. Berapa tahun (food estate bertahan)? ya selama Republik berdiri," tegasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi IV DPR RI Sudin mengungkapkan saat ini sudah ada panitia kerja (Panja) dan akan mengecek proyek yang tersebar di Kalimantan, Sumatera, Nusa Tenggara Timur, dan Papua ini.

Ditemukan beberapa program dan kegiatan yang bermasalah hingga gagal.

"Hal yang perlu diperhatikan, masih adanya temuan BPK di Kementerian Pertanian (Kementan) yang dapat diartikan masih ada program dan kegiatan bermasalah. Bahkan ada yang gagal dan tidak mencapai target. Contohnya food estate di beberapa tempat," kata Sudin saat membuka Rapat Kerja dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Senin (16/1/2023).

"Kami Komisi IV sudah menyiapkan Panja Food Estate. Bahkan, beberapa teman-teman mengusulkan dibikin Pansus. Karena di situ banyak data palsu," imbuhnya.

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: