Pengin Pasang Kamera Mobil 360? Begini Cara dan Kisaran Biayanya!

          Pengin Pasang Kamera Mobil 360? Begini Cara dan Kisaran Biayanya!
Fitur kamera mobil 360 banyak diminati oleh pemilik kendaraan.
"Orang yang pesimis selalu melihat kesulitan di setiap kesempatan. Tetapi orang yang optimis selalu melihat kesempatan dalam setiap kesulitan."

Imam Ali Kwh

BENTENGSUMBAR.COM - Selain fitur keyless, fitur kamera mobil 360 juga banyak diminati pemilik kendaraan. Sebab, fitur kamera mobil 360 memudahkan pengemudi melihat bagian sekitar mobil dengan tampilan lebih luas, yaitu 360 derajat. 

Untuk keamanan dan keselamatan, fitur ini cukup bagus karena bisa mencegah terjadinya hal-hal buruk, seperti menabrak benda atau orang lain saat parkir. Atau, saat berkendara kamu juga jadi bisa melihat kendaraan lain yang ada di samping kamu dengan jelas, sehingga bisa meminimalisir kecelakaan. 

Fitur ini juga biasanya sudah dilengkapi dengan sensor. Jadi, ketika mobil berdekatan dengan benda, sensor akan berbunyi. 

Sayangnya, tidak semua mobil terpasang fitur kamera 360 ini. Umumnya, fitur ini hanya tersedia pada mobil menengah ke atas.

Lalu, bisakah memasang kamera 360 di mobil sendiri? Jawabannya, bisa dong, meskipun untuk biayanya kamu harus menyiapkan budget sebesar Rp5 jutaan. 

Nah, sebelum memasang kamera mobil 360, kamu harus tahu dulu nih beberapa persyaratannya. Sebab, jika mobil kamu tidak memenuhi persyaratan, maka tidak bisa memasang fitur kamera 360 ini.

Syarat Pasang Kamera Mobil 360


Simak baik-baik syarat memasang kamera mobil 360 di kendaraanmu berikut ini: 

1. Head unit kompatibel

Syarat pertama yang harus dipenuhi ketika akan memasang kamera mobil 360 adalah sudah memiliki head unit yang kompatibel dengan fitur kamera mobil 360, yakni terdapat monitor dan lubang AV in dan out

Nantinya, kamera yang dipasang akan dihubungkan ke lubang AV in dan out yang ada di belakang head unit. Jika head unit tidak ada lubang AV, maka tidak bisa dipasang kamera mobil 360. 

Mau tidak mau, kamu harus mengganti head unit yang kompatibel terlebih dahulu agar kamera mobil 360 bisa bekerja dengan baik. 

2. Tempat untuk dudukan kamera mobil 360

Setelah memastikan head unit mobil kamu kompatibel, kini saatnya memeriksa apakah di bagian spion dan gril ada dudukan untuk kamera mobil 360 atau tidak.

Sebab, nantinya akan dipasang kamera di beberapa bagian, di antaranya yakni di bawah spion dan di bagian grill. Jadi, pastikan cover spion dan gril kamu terdapat dudukan kamera.  

Apabila belum ada, kamu bisa berkonsultasi dengan ahlinya. Biasanya jika spion belum ada dudukan kamera akan diakali dengan membuat lubang di bawah kaca spion.

Cara Memasang Kamera Mobil 360 


Memasang kamera mobil 360 sebenarnya bisa dilakukan sendiri, begitu seperti dilansir dari https://www.carmudi.co.id/journal/simak-cara-memasang-kamera-360-di-mobil-beserta-kisaran-harganya.

Hanya saja, mengingat prosesnya cukup rumit karena harus menyambungkan banyak kabel, jadi berisiko. Karena itu, jika masih awam, jangan dipaksakan memasang sendiri, lebih baik bawa ke bengkel mobil terdekat untuk dilakukan pemasangan. 

Sebagai informasi, berikut ini cara pasang kamera 360 di mobil apabila kamu memang ingin memasangnya sendiri. 

1. Membuat dudukan kamera pada spion

Langkah pertama yakni harus melepas kedua spion terlebih dahulu. Jika spion kamu tidak memiliki dudukan kamera, maka di bagian bawah spion bisa di bor untuk dudukan kamera. Pastikan bor secara hati-hati agar tampilannya tetap bagus. 

Saat menempatkan kamera di bagian spion, posisinya harus sama agar daya tangkapnya bisa lebih luas dan jelas. 

2. Mulai pasang kamera

Setelah membuat dudukan kamera, kini saatnya memasang kamera di empat titik, yakni di bagian grill depan, kamera belakang di dekat plat nomor, serta kamera samping di spion mobil.

Untuk kamera depan dan belakang, biasanya sudah ada dudukan kamera, sehingga tidak perlu membuat seperti di bagian spion mobil. 

Pasang kamera dengan benar dan tidak menonjol melebihi body terluar mobil. 

3. Hubungkan kabel

Setelah selesai menempatkan kamera, kini saatnya hubungkan dengan kabel. Pastikan kamu sudah paham kabel mana saja yang harus dihubungkan. 

Lalu, hubungkan kabel juga sesuai standar agar tidak terjadi konsleting pada sistem kelistrikan mobil, ya. 

4. Proses kalibrasi

Pada proses ini, kamu bisa mencocokkan sudut pandang dari kamera yang sudah dipasang. Jadi, sebaiknya posisi kamera jangan dipatenkan dulu, sehingga memudahkan saat akan diubah. 

Apabila menurutmu tampilan kamera mobil 360 sudah cocok, maka kamu bisa mematenkan posisi kameranya. 

5. Setting fitur kamera mobil 360

Setelah selesai, kini saatnya kamu melakukan setting untuk fitur kamera mobil 360 ini. Jika masih bingung, kamu bisa membaca instruksi dari buku manual kamera mobil 360 ini. 

Jika sudah pas, saatnya kamu melakukan uji coba dengan mengendarai mobil. Gunakan fitur ini untuk parkir atau melihat keadaan sekeliling. 

Pengerjaan dan Biaya Pasang Kamera Mobil 360


Untuk pengerjaan pemasangan kamera mobil 360 ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Hal ini bergantung pada tipe mobil dan juga tingkat kesulitannya. 

Sebagai contoh, untuk mobil keluaran Jepang, maka waktunya bisa mencapai 1 hari. Sedangkan mobil keluaran Jerman bisa mencapai 1-2 hari. 

Untuk harga pemasangan kamera mobil 360, seperti dilansir dari https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/19/124100915/mau-pasang-kamera-360-di-mobil-siapkan-dana-rp-5-juta sekitar Rp5 juta hingga Rp8 juta. Biaya ini belum termasuk pemasangan head unit apabila head unit kamu belum kompatibel. 

Oh iya, untuk mobil baru yang masih ada garansi, sebaiknya laporkan pada pihak asuransi mobil jika akan melakukan pemasangan kamera mobil 360 ini. Sebab, jika tidak, maka garansi bisa hilang.

Manfaat Memiliki Asuransi Mobil


Biaya servis mobil dan perawatan tentu tidak murah. Jangan sampai biaya servis mobil kesayangan justru membebani pengeluaranmu.

Manfaatkan asuransi mobil All Risk supaya kamu gak perlu pusing lagi dengan tagihan bengkel karena kamu akan terjamin dari biaya perbaikan kerusakan ringan dan berat, bahkan dapat ganti rugi atas kehilangan akibat pencurian. Kamu bisa pilih asuransi mobil berikut yang sesuai dengan kebutuhanmu. 

Namun, bila kamu ingin mengetahui lebih dalam soal asuransi mobil All-Risk, maka bisa visit di sini ya! (*)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter:

Maklumat:

Wartawan BentengSumbar.com hanya yang namanya tercantum di box redaksi. Wartawan BentengSumbar.com dalam bertugas dilengkapi dengan ID.Card. Untuk pemasangan iklan, artikel promosi produk, dan lannya, Anda dapat menghubungi kami melalui e-Mail: redaksi.bentengsumbar@gmail.com