Temui Jokowi di Istana, Pemuda Muhammadiyah Mantap Nyatakan Dukung IKN, Ini Alasannya

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah Sunanto dan sejumlah pengurus bertemu Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Negara, Jakarta pada Senin, 30 Januari 2023. 

Salah satu yang mereka bahas yaitu soal proyek Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

Pembahasan soal IKN ini beririsan dengan rencana Pemuda Muhammadiyah menggelar Muktamar ke-18 pada 21-24 Februari di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menurut Sunanto, dukungan Pemuda Muhammadiyah terhadap IKN jadi faktor utama muktamar digelar di Balikpapan. 

"Kami ingin menjelaskan bahwa pembangunan dan cita-cita pembangunan IKN itu, satu adalah harapan, kedua adalah pemerataan," kata dia usai pertemuan di Istana, Senin, 30 Januari 2022.

Menurut Sunanto, rencana IKN ini perlu didukung dan pemuda-pemuda di Muhammadiyah diharapkan bisa melihat langsung proyek ini. 

"Tidak hanya soal fisiknya, tapi soal cita-citanya. Itu yang kami konstruksi dan kami harapkan. jadi, perdebatannya tidak soal fisik, tetapi gagasan besarnya," kata dia.

Temui Jokowi di Istana, Pemuda Muhammadiyah Mantap Nyatakan Dukung IKN, Ini Alasannya
Suasana Pertemuan Presiden Jokowi dan Pemuda Muhammadiyah di Istana Negara.


Untuk itu, Sunanto pun mengundang Jokowi untuk bisa membuka muktamar tersebut. 

"Jawaban Pak Presiden insyaallah bisa membuka dan saya sebagai ketua umum mengucapkan terima kasih, semoga tidak ada halangan apa pun untuk bisa membuka acara muktamar kami," kata.

Kepada Sunanto, Jokowi pun menyampaikan bahwa cita-cita pemindahan ibu kota negara sudah ada sejak presiden pertama yaitu Soekarno. 

"Dan itu menjadi suatu dorongan dan penjelasan kepada kami bahwa cita-cita pemindahan ini butuh waktu dan harapannya ada proses keberlanjutan ke depannya," ujarnya.

Sebelum bertemu Jokowi, Pemuda Muhammadiyah memang telah menyampaikan dukungannya terhadap proyek IKN ini. 17 Juni 2022 lalu, Sunanto hadir di lokasi titik nol IKN bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam rangkaian kegiatan HUT ke-76 Bhayangkara.

Di titik nol IKN, Cak Nanto bersama para pimpinan organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan berikrar mendukung pembangunan IKN. 

"Karena persepsi kami adalah IKN sebuah upaya membangun persepsi perubahan sekaligus upaya membangun kesempatan yang sama pemerataan yang sama kepada anak bangsa di seluruh Indonesia,” kata dia, dikutip dari laman resmi Muhammadiyah.

Sumber: Tempo.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »