Sumbar

Usai Anies Baswedan Diberi Nama Yohanes, Komentar Negatif Bermunculan, Politisi Demokrat Berusaha Meluruskan

          Usai Anies Baswedan Diberi Nama Yohanes, Komentar Negatif Bermunculan, Politisi Demokrat Berusaha Meluruskan
Usai Anies Baswedan Diberi Nama Yohanes, Komentar Negatif Bermunculan, Politisi Demokrat Berusaha Meluruskan
Iklan
BENTENGSUMBAR.COM - Usai eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan diberi nama Yohanes oleh salah seorang tokoh gereja di Papua, framing negatif bermunculan dari para pembenci eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Anehnya, para pembenci ini menuding pemberian nama kehormatan itu sebagai nama baptis.

Terkait hal itu, salah seorang politisi Partai Demokrat yang juga beragama Kristen, Jansen Sitindaon, meluruskan framing yang dinilainya sangat murahan itu. 

Menurutnya, pemberian nama Yohanes itu sama sekali bukan baptis.

"Ini to videonya mas AB dipanggil Yohanes yang terus diramaikan buzzer. Ini mah bukan baptis. 1 porsen saja dari proses baptis ini tak terpenuhi. Lebih panggilan dari jemaat yang didatangi. Kenapa mereka panggil gitu ya tanya yang di video itu. Aku sebenarnya tak setuju yang gini-gini normal-normal ajalah!," tulis Jansen, dikutip Sabtu (7/1).

Sedikit soal baptis, lanjut Jansen, Baptis itu ada prosesnya. 

Kalau masih anak kecil, mayoritas orang dibaptis waktu ini, orangtuanya ikut pendidikan dulu di gereja baru anaknya bisa dibaptis. 

"Kalau dia sudah dewasa dia sendiri yg belajar dgn Pendeta baru bisa baptis. Dan baptis itu pakai AIR," tegasnya.

"Terakhir, menurutku: ke depan jemaat Kristen di mana pun berada tak perlulah 'nyematkan panggilan2' tertentu ke orang lain. Mau siapa pun dia. Biarlah tiap orang dengan identitasnya. Karena di negara ini kita boleh kok berbeda agama. Namun, tetap jadi saudara sebangsa di bawah kitab konstitusi," tutup Jansen Sitindaon.

Sementara itu, warganet lain yang mengomentari video itu juga menyampaikan pendapat yang sama. 

Mayoritas mereka memahami bahwa pemberian nama tersebut sama sekali bukan prosesi baptis.

"Dibaptis itu kudu katekisasi dulu, baru dipercik, dicelup apa didelepin (atau ditenggelamkan) itu baru dibaptis namanya. Kalau cuma dibilang yohanes sambil dikalungi bunga atau kitab suci ya jauuhh dari dibaptis sih ya," ungkap salah satu netizen.

"Hanya prosesi penghormatan biasa. Lha.. dikatain macam2. Makasih bapa mama di Papua sana," tulis netizen lainnya.

"Yohanes adlh Nabi Yahya AS di dlm keyakinan Islam. Seorg nabi cerdas dan berpendidikan. Salah satu mukjizat yg diterima oleh Nabi Yahya AS langsung dr Allah SWT adlh Al Hanan. Dimana maksud dr Al Hanan di sini adlh ilmu ttg rasa cinta thd sesama makhluk beserta alam semesta," urai netizen lainnya.

Sumber: Populis
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: