Wako Pariaman: Setiap Kecamatan Punya TK Negeri di Kota Pariaman

BENTENGSUMBAR.COM - Setiap Kecamatan di Kota Pariaman telah mempunyai Taman Kanak-Kanak (TK ) Negeri. 

Ini sesuai dengan peraturan pemerintahan yang ada, dan apa yang telah kita cita-citakan bersama.

Hal ini disampaikan Wali Kota Pariaman, Genius Umar, ketika meresmikan pemakaian gedung TK Negeri 01 Kecamatan Pariaman Timur di area Kantor Camat Pariaman Timur, Jum'at (20//1).

Peresmian TK negeri ini, juga dihadiri Bunda PAUD Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, Sekda Kota Pariaman, Yota Balad dan istri Ny. Yosneli Balad, Kepala Dinas Dikpora, Kanderi, beserta jajaran.

Selain itu, juga terlihat hadir Kepala BPKPD, Buyung Lapau, Plt Kepala Dinas Kominfo, Ferialdi, Camat Pariaman Timur, M. Arif Gunawan beserta istri, dan masyarakat serta pegawai yang berada di Kecamatan Pariaman Timur.

“Pembentukan TK Negeri ini merujuk kepada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal yang menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Pendidikan Kesetaraan, merupakan urusan pemerintahan wajib yang harus diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Genius juga menuturkan bahwa berdasarkan PP tersebut, dirinya membuat instruksi Walikota Pariaman, Nomor : 420/1429/Dikpora-2021, tentang Percepatan Pelaksanaan Program Perluasan Akses dan Peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD di Kota Pariaman.

“TK Negeri 01 ini, mempunyai lokasi yang cukup strategis, karena berdekatan dengan UPTD BPP (Balai Penyuluh Pertanian) Kecamatan Pariaman Timur," katanya.

Diharapkan TK ini mempunyai nilai lebih dalam pembelajaranya, terkait dengan tumbuhan, lingkungan serta alam.

Lebih lanjut Genius menambahkan para murid TK ini bisa langsung praktek di lapangan, tidak apa berkotor-kotor, dimana nanti petugas di BPP Kecamatan Pariaman Timur dapat menjadi guru pengajar disini.

"Sehingga akan memajukan motorik dan pengetahuan dari anak-anak TK ini nantinya," ulasnya.

Dikatakannya, dengan adanya TK Negeri atau TK Pembina ini, jangan dianggap sebagai saingan bagi PAUD atau TK lainya yang ada di Kecamatan Pariaman Timur. 

"Tetapi jadikan TK Negeri ini sebagai acuan dan contoh, bagi TK dan PAUD lainya,” tutupnya. (J/at)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »