Wako Pariaman: Targetkan 10 Anak Kota Pariaman di Poltekpel Sumbar Tiap Tahun

BENTENGDUMBAR.COM – Walikota Pariaman, Genius Umar menargetkan sepuluh orang anak Kota Pariaman untuk dikuliahkan di Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumbar melalui program Pola Pembibitan (Polbit).

Pemerintah Kota Pariaman akan membuat kerjasama untuk sekolah kedinasan ini dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan.

Program ini akan mendukung program unggulan Pemko Pariaman bidang pendidikan, Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja).

"Kerjasama ini bisa memberikan prioritas kepada putra putri Kota Pariaman yang berasal dari keluarga kurang mampu, supaya bisa kuliah di Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat melalui program Polbit minimal untuk 10 orang anak setiap tahunnya," ujarnya.

Genius Umar sebutkan walapun sebelumnya Pemko Pariaman telah bekerjasama dan anak Kota Pariaman sudah ada yang dikuliah di Poltekpel Sumbar program non Polbit yang dibiayai oleh Pemko Pariaman. 

“Saya ingin nantinya anak-anak yang kita kirim ke Poltekpel Sumbar ini bisa menjadi anak-anak yang produktif, tidak menganggur, bisa menjadi perwira pelayaran yang terampil dan bisa terjun langsung di dunia kerja,” ungkap Genius.

Genius berharap, melalui program Sagasaja ini anak-anak yang berasal dari keluarga yang kurang mampu ini nantinya bisa membawa keluarga mereka keluar dari lingkaran kemiskinan, karena program ini memadukan antara program pendidikan dengan program pengurangan kemiskinan di Kota Pariaman.

Direktur Poltekpel Sumbar Capt. Wisnu Risianto, M.M yang hadir dalam acara “Sosialisasi Pengenalan Kampus  dan Program Studi Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan” yang digelar oleh Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat, untuk siswa kelas XII SMA/SMK/MA sederajat yang ada di Kota Pariaman, Rabu, 18/1, mengatakan, bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran sekaligus motivasi buat seluruh siswa/i Kota Pariaman untuk bisa mengenyam pendidikan di kampus vokasi pelayaran Poltekpel Sumbar.

Wisnu menjelaskan, Poltekpel Sumbar adalah perguruan tinggi negeri di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Perhubungan, yang mendidik dan melatih putra putri terbaik Indonesia untuk menjadi pelaut dan tenaga kerja industri maritim yang memiliki kompetensi, karakter, berwawasan teknologi, modern, dan berdaya saing global.

Selain itu Poltekpel Sumbar juga telah mengembangkan pendidikan sesuai Standards of Training, Certification and Watchkeeping (STCW) 2010 dari IMO sehingga berkembang menjadi salah satu instansi pendidikan pelayaran terbesar di Indonesia.

Selama kegiatan sosialisasi, tim dari Poltekpel Sumbar juga membagikan brosur tentang kampus dan memberikan informasi terkait penerimaan taruna/i transportasi Kementerian Perhubungan khususnya untuk kampus Poltekpel Sumbar. 

Informasi yang disampaikan adalah seputar program studi yang dibuka, biaya perkuliahan, prospek kerja, tatacara pendaftaran, dan lain sebagainya.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (18/1/23), dihadiri oleh Staff Ahli Sekdako Pariaman Indra Sakti, Tim Sosialisasi Poltekpel Sumbar, Kepala OPD dilingkungan pemerintahan Kota Pariaman, Camat, dan Kepala Sekolah SMA/SMK/MA. (chi/at)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »